Notification

×

Iklan

Iklan

Ribuan Siswa Ikuti Webinar, Indonesia Makin Cakap Digital

09 Agustus 2022 | 20.32 WIB Last Updated 2022-08-09T13:32:51Z


Payakumbuh, pasbana- Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui PT.Imagi Altermedia Creative bekerja sama dengan Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Webinar “Indonesia Makin Cakap Digital” yang dilaksanakan secara virtual via Zoom di Aula Randang Kantor Wali Kota Payakumbuh, Selasa(9/8).

Webinar “Indonesia Makin Cakap Digital”  ini diikuti oleh 2000 orang siswa SD dan SMP se Kota Payakumbuh dan sebagai Keynote Speaker yaitu Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Audy Joinaldy, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi didampingi Kepala Dinas Komunikasi dna Informatika Junaidi, dan Narasumber Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dasril, Sutradara Film Yuda Wibisono dan Content Creator Charania

Dalam sambutannya,Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Audy Joinaldy mengatakan 
Dunia digital bukan hanya ruang tanpa batas yang bisa diakses setiap hari. Dunia digital bisa menawarkan lowongan pekerjaan sehingga setiap individu harus meningkatkan skill dan kecakapan dalam mengakses, berinovasi, dan mengeksplorasi kecakapan digital lainnya.

Kemampuan mengakses internet harus dibarengi keinginan mempelajari lebih dalam tentang keahlian-keahlian penting. Sekarang ini, banyak platform menyediakan kursus gratis dan berbayar dengan harga terjangkau.

"Jangan takut belajar hal baru. Jadilah pemain dalam perubahan era, mencoba menjadi orang yang terlibat aktif dalam transformasi digital," kata Audy.

Ditambahkan Audy, Digitalisasi dalam berbagai lini kehidupan berdampak pada terbukanya lapangan kerja baru. Dari munculnya loka pasar (marketplace), berkembangnya dompet digital, menjamurnya toko-toko online, bertambahnya kebutuhan akses informasi digital, media digital, website, periklanan digital, dan lain sebagainya. Semua itu membutuhkan orang-orang yang cakap digital di bidang masing-masing.

"Pekerjaan-pekerjaan ini masih banyak dicari selama lima tahun ke depan. Persaingan bisa dibilang kecil karena perebutan SDM, belum banyak orang yang ahli di bidang-bidang tersebut,maka diharapkan kepada adik-adik semua untuk serius mengikuti webinar ini agar mendapatkan ilmu untuk melangkah ke masa depan nantinya," pungkas Audy.

Senada, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan perkembangan  teknologi  informasi  di  zaman  milenial  ini  menjadi  penyebab  terbentuknya  era digital  yang  membawa  perubahan. Teknologi  digital  telah  menjadi  bagian  kehidupan sehari-hari,  mulai  dari  berkomunikasi,  berinteraksi,  bertransaksi  hingga  belanja  kebutuhan sehari-hari. Seluruhnya aktivitas tersebut terdigitalisasi dengan bantuan teknologi informasi.

Riza menegaskan, tantangan  utama  masyarakat  modern  saat  ini  adalah  penggunaan  internet  dan media  digital yang  tak  hanya memberikan  manfaat  bagi  penggunanya, namun  juga  membuka  peluang terhadap  beragam  persoalan  seperti  penyebaran  konten  negatif  melalui  media  internet, penyebaran hoax, ujaran kebencian,  cyberbullying,  maupun  online radicalisme. 

"Dampak negatif dari internet dan media digital inilah yang harus kita hindari. Apalagi dikalangan para pelajar seperti akses ke konten negatif, penyebaran hoax, ujaran kebencian, cyberbullying,  maupun online radikalisme," ujar Riza.

Ditambahkan Riza, lemahnya  budaya digital bisa  memunculkan pelanggaran terhadap hak digital  masyarakat. Rendahnya etika  digital berpeluang  menciptakan  ruang  digital  yang  tidak  menyenangkan karena  terdapat  banyak  konten  negatif. Untuk itu kegiatan webinar yang dilaksanakan oleh 
Kementerian Komunikasi dan  Informatika kali ini berdampak positif guna terwujudnya target  50  juta masyarakat  yang  dapat  mengimplementasikan 4 pilar  literasi digital pada tahun 2024 mendatang. 

"Hal tersebut bertujuan untuk  membangun  kesadaran  dan  pengetahuan  masyarakat tentang  teknologi  digital  serta  meningkatkan  kecakapan  digital  masyarakat  Indonesia  khususnya Kota Payakumbuh untuk menciptakan  ruang digital yang aman, berbudaya, beretika dan produktif. Untuk itu mari para pelajar semuanya untuk dapat mengambil ilmu dari kegiatan webinar kali ini agar dapat memilah dampak positif dan negatif di era digitalisasi yang berkembang pesat saat ini," pungkas Riza. (BD)
×
Berita Terbaru Update