Notification

×

Iklan

Iklan

AJI Padang Siapkan Pelatihan Jurnalistik dan Media Multiplatform Jadi Sekolah

04 September 2022 | 19.42 WIB Last Updated 2022-09-04T12:42:21Z

Padang, pasbana - Pada Sabtu, 3 September 2022, enam anggota AJI Padang serentak menjadi pemateri di empat kampus di Kota Padang. Ketua AJI Padang Aidil Ichlas dan Mukhtar Syafii menjadi pemateri untuk videografi dan editing untuk mahasiswa Departemen Kepelatihan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. 

Fachri Hamzah dan Novia Harlina memberikan materi jurnalistik untuk UKM Pers Mahasiswa Politeknik Negeri Padang. Sonya Andomo menjadi pembicara tentang media hari ini pada Pra Andalas Adventure Camp 2022 yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Andalas. Sementara Hendra Makmur dan Syafii menjadi pembicara jurnalistik untuk mahasiswa di DKTV UIN Imam Bonjol Padang.

Sebelumnya, selama empat hari sejak 29 Agustus, senior AJI Padang Syofiardi Bachyul juga memberi pelatihan jurnalistik kepada 30 pemuda dari Sumatera Barat, Jambi dan Kalimantan Timur dalam Kegiatan Muda Melangkah yang diadakan World Resources Institute (WRI). 

Selama beberapa tahun terakhir, puluhan anggota AJI Padang makin sering diundang oleh berbagai kampus, sekolah, instansi, lembaga dan kelompok masyarakat untuk memberikan pelatihan jurnalisme multifplatform, multimedia, etik, hukum pers, mobile journalism dan juga cek fakta.




Menjalani profesi sebagai jurnalis serta intens meningkatkan kapasitas sebagai trainer, memberi kemudahan kepada anggota AJI Padang untuk berbagi ilmu dan pengalaman ke lembaga dan masyarakat, termasuk untuk pelatihan cek fakta, karena saat ini sudah ada lima anggota yang menjadi trainer cek fakta Google. 

Dengan potensi ini AJI Padang juga telah menjalin nota kesepahaman dengan salah satu kampus di Sumatera Barat, dan bersiap dengan nota kesepahaman serupa dengan kampus lain. 

Agar bisa lebih banyak berbagi, AJI Padang sedang menyiapkan program pelatihan jurnalisme dan media multiplatform ini jadi sebuah sekolah.

[Rilis]
×
Kaba Nan Baru Update