Notification

×

Iklan

Iklan

Ada 11.300 Judul Buku Tersedia di Perpusda Padang

07 Oktober 2022 | 15.01 WIB Last Updated 2022-10-07T09:08:01Z


PASBANA, PADANG - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang terus melakukan pembenahan guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan buku-buku bacaan.


Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang dr Feri Mulyani Hamid, M.Biomed menjelaskan, salah satu upaya tersebut adalah dengan menambah jumlah koleksi buku yang ada di perpustakaan, serta lebih memvariasikan jenis buku, disesuaikan dengan minat baca masyarakat.


"Tahun ini kita telah menambah sekitar 200 judul buku, berarti hingga saat ini secara total ada 11.300 judul buku yang dimiliki Dinas Perpustakaan," kata Kadis.


Untuk jenisnya menurut Kadis sudah cukup bervariasi, mulai dari buku umum seperti buku pelajaran ketrampilan, pelajaran masak-memasak, budidaya pertanian dan peternakan, buku cerita anak, teknologi hingga buku agama.


Kadis menjelaskan, untuk total jumlah buku sendiri saat ini berjumlah hampir 35 ribu, karena dinas membeli tiga buah buku yang sama untuk satu judul.


"Tujuannya adalah satu buku untuk tendon (arsip), satu buku yang terpajang di perpustakaan, dan satu lagi yang dibawa oleh perpustakaan keliling," tambah Kadis.


Seiring dengan meredanya pandemi Covid-19, kunjungan masyarakat ke perpustakaan mulai meningkat, terutama dari kalangan pelajar, mulai dari PAUD hingga pelajar SLTA.


Menurut Kadis, setiap hari perpustakaan rata-rata dikunjungi oleh 50 orang, selain itu dengan setiap hari adanya jadwal kunjungan dari anak-anak PAUD di Kota Padang.


"Selain menerima kunjungan, kita juga mengintensifkan kegiatan pustaka keliling, dengan mengunjungi sekolah-sekolah, Lapas, Rutan, pesantren, panti asuhan dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang ada di kelurahan," ujar Kadis.


Untuk Taman Bacaan Masyarakat (TBM) menurut Kadis, akan selalu dilakukan monitoring, mencatat buku- buku yang diminati masyarakat, kemudian setiap tahunnya buku-buku di TBM akan diganti dengan buku yang baru. (Rel/MCP) 

×
Kaba Nan Baru Update