Notification

×

Iklan

Iklan

Budiman: Wajah Baru Swalayan Minangkabau

08 Oktober 2022 | 20.30 WIB Last Updated 2022-10-08T13:30:20Z


Oleh: Pramudya Antariksa 
Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Andalas 


PASBANA - Budiman merupakan swalayan terbesar di Provinsi Sumatera Barat yang sudah memiliki total 16 cabang dimana 9 diantaranya berada di Kota Padang. 

Pada awalnya Budiman didirikan pada tahun 1999 oleh H. Yasmar berupa toko barang harian. Budiman berlokasi di Jalan Soekarno Hatta nomor 26 Pasar Bawah Kota Bukittinggi.

Perkembangan Budiman yang sangat pesat di Sumatera Barat didasari oleh Peraturan Pemerintah Daerah (Pemda) Sumatera barat yang tidak memberikan izin kepada franchise swalayan/mini market luar daerah yang sudah berbentuk perusahaan besar seperti alfamart, indomaret, seveneleven, dan lain lain untuk membuka gerai mereka di provinsi Sumatera Barat. 

Menurut Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, gerai ritel ini dikhawatirkan akan mengancam dan mematikan bisnis kecil serta pedagang tradisional di daerah Sumatera Barat, sehingga bisa merusak ekonomi daerah Sumatera Barat dalam jangka panjang. Dalam praktik bisnisnya pun, masyarakat setempat dikhawatirkan akan lebih tertarik untuk mengunjungi toko bernuansa modern dengan barang-barang yang lengkap dan harga jual pasti. 

Akibat dari kebijakan tersebut, telah membawa berkah bagi Budiman swalayan untuk berkembang menjadi lebih besar. Hal tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Budiman dengan hadir sebagai jawaban dari kebutuhan masyarakat dengan menerapkan strategi strategi bisnis yang efktif dan efisien dalam mengggaet hati konsumen.




Budiman swalayan memberikan pengalaman berbelanja yang aman,nyaman,lengkap dan dalam nuasa yang islami. Ini dinilai sangat cocok dengan daerah Minangkabau yang kental akan  keislaman sesuai pepatah “adat basandi sarak sarak basandi kitabullah” maknanya adalah segala perbuatan atau pekerjaan hendaknya selalu mengingat aturan adat dan agama jangan hendaknya bertentangan satu dan lainnya. 

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh salah satu staff pegawai Budiman “Budiman mencoba memberikan pengalaman berbelanja yang islami dengan pelayanan yang baik,pakaian yang sopan,memutarkan nasyid-nasyid, serta kami juga tidak menjual barang barang tidak baik untuk Kesehatan seperti rokok dan minuman alkohol”.


Supaya tidak tertinggal dari para kompetitor kompetitor nya Budiman swalayan melakukan beberapa inovasi seperti layanan Budiman cod, dengan Budiman cod, Anda tidak perlu datang ke toko untuk membeli barang anda hanya tinggal memesan melalui smartphone lalu petugas dari Budiman akan datang mengantarkan barang yang Anda inginkan ke rumah Anda. 

Inovasi ini sangat bermanfaat terutama dimasa pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Budiman juga memiliki akun media sosial di Instagram @budimanswalayan.id , dimana Anda bisa melihat informasi informasi tentang produk terutama diskon atau promo yang diberikan.

“Berbelanja di Budiman sangatlah nyaman karena swalayan mereka bersih,produk mereka lengkap,pelayanan mereka bagus serta begitu banyak promo yang diberikan” tutur Maidas salah seorang konsumen budiman yang penulis wawancarai . 

Pernyataan yang disampaikan pelanggan pun telah sesuai dengan visi dari Budiman itu sendiri yaitu mewujudkan swalayan terpercaya,terengkap,dan ternyaman. 

Hal ini telah menjadi kepuasan tersendiri bagi pemilik dan semua karyawan yang telah langsuang dalam pencapaian kesusksesan tersebut.(*) 


Padang, 08 Oktober 2022
×
Kaba Nan Baru Update