Notification

×

Iklan

Iklan

MONOLOG: Akting Batin Seorang Aktor

08 Oktober 2022 | 18.46 WIB Last Updated 2022-10-08T11:46:26Z

PASBANA, PADANG PANJANG - Bertempat di Sekretariat Kuflet di Kampung Jambak, Komunitas Kuflet mengadakan diskusi rutin mingguan dengan materi Monolog. Diskusi  dihadiri oleh Pembina Kuflet Dr. Sulaiman Juned, S.Sn., M.Sn dan dipandu oleh moderator Pajar Mulia Jambak. 

Dan diskusi juga dihadiri oleh Ketua Umum Kuflet, Akbar yang menjadikan diskusi berjalan hidup. Sesekali diselingi canda dan tawa sehingga berlangsung asyik dan menyenangkan seluruh peserta. 

Dalam penyampaiannya, Sulaiman Juned yang juga Ketua Jurusan Seni Teater ISI Padang Panjang mengatakan bahwa Monolog atau Monologe adalah aktor/ aktris yang  berbicara panjang namun sendirian. 


Sulaiman Juned menambahkan bahwa orang awam masih tidak tahu apa perbedaan monolog dan dialog, monolog adalah suatu pertunjukan dengan hanya satu aktor yang memerankan beberapa tokoh (minimal tiga tokoh) yang diperankan dalam satu naskah. 

" Sementara Dialog itu adalah percakapan yang dilukan olehsatu aktor dengan lawan mainnya. Monolog itu kekuatannya terdapat pada aktor yang memvisualkan laku (akting) dengan beberapa karakter tokoh  didalam naskah lakon itu. Aktor monolog seharusnya tidak berinteraksi dengan penonton walaupun ia seakan-akan berbicara pada penonton," tutur penyair yang sutradara teater itu.

Sherly ekaputri, mengatakan "Senang dapat mengikuti diskusi kali ini, sehingga dapat mengetahui bahwasannya aktor monolog itu selain dapat masuk dalam peran juga harus mampu memainkan intonasi, gaya bicara dan memiliki konsistensi irama, warna vokal, volume dan tempo permainan. Terima kasih atas ilmunya sore ini,"ucapnya usai diskusi tersebut di sekre Kuflet," tuturnya. (***/Akram)
×
Kaba Nan Baru Update