Notification

×

Iklan

Iklan

Usaha Susu Kambing Etawa yang Kian Sukses Semenjak Pandemi

07 Oktober 2022 | 11.20 WIB Last Updated 2022-10-07T04:53:26Z
Kambing Etawa dan Susu Kambing Etawa (Dokumentasi Google) 


Oleh Nova Wardana
(Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Andalas)

PASBANA - Ade Wahyudi S.Pt,  owner dari Marapi Dairy Milk Farm di Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengungkapkan bahwa usaha susu kambing yang dibangunnya karena memang passion  yang ia geluti dibidang peternakan.

"Saya merupakan lulusan dari Jurusan Peternakan Universitas Andalas dan juga mengambil judul penelitian tentang kambing etawa ini,” ungkap . Usaha ini dibangun karena mendengar bahwa prospeknya yang bagus dimasa datang dari salah seorang dosen Ade.

Kambing etawa adalah jenis kambing persilangan dari kambing jamnapari dari India dan kambing asal Indonesia, kambing ini secara khusus memang diternak untuk diambil susunya. Susu kambing etawa memiliki kandungan yang lebih kompleks dari jenis susu lainnya, kandungan nutrisinya yaitu Protein, Karbohidrat, Kalsium, Fosfor, Sodium, Vitamin A, Vitamin B2, Vitamin B3, dan Laktoferin. 


Induk Kambing Etawa Milik Ade (Dok. Ade) 


Semenjak pandemi sebenarnya susu kambing etawa ini sangat banyak dicari-cari oleh banyak masyarakat dikarenakan banyak dokter yang merekomendasikan untuk mengonsumsi susu ini untuk membantu kelancaran pernapasan. 

Usaha susu kambing etawa Ade juga memulai usahanya diakhir tahun 2019 yang bertepatan dengan merambahnya Virus Covid-19 yang sebenarnya ini menguntungkan untuk penjualan susu kambing Ade.

Walaupun pandemi telah dinyatakan berakhir pada tahun ini, tingkat penjualan usaha Ade malah meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, banyak faktor yang melatarbelakangi ‘kesuksesan’ usaha susu kambing ade ini, beberapanya dijelaskan sebagai berikut : 

Pertama, efek yang Dirasakan Oleh Konsumen Ade. Walaupun pandemi berakhir banyak konsumen Ade yang melakukan repeat order dikarenakan mereka merasakan manfaat susu kambing ini yang berdampak kepada peningkatan metabolisme tubuhnya. Selain itu, banyak konsumen Ade yang berumur dibawah 10 tahun yang rutin mengonsumsi susu kambing etawa ini dikarenakan penyakit yang dideritanya dapat diminimalisir melalui konsumsi susu kambing etawa murni. 

Kedua, selalu Dilakukan Peningkatan Pelayanan dan Kehigienisan Produk Ade bersama istrinya membangun usaha ini dengan selalu melakukan peningkatan pelayanan kepada calon konsumen dan konsumen tetapnya, “Saya menyadari bahwa relasi antara saya dengan konsumen sangatlah penting dijaga karena jika hubungan ini berjalan baik maka konsumen akan puas dan memungkinkan konsumen akan selalu membeli produk dikita tidak beralih ke produsen lain” tutur Ade.  

Ketiga, sering Melakukan Promo. Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu cara menarik perhatian calon konsumen adalah dengan melakukan banyak promosi, baik itu secara langsung ataupun melalui media sosial. Ade memanfaatkan banyak sosial media untuk melakukan promosinya, media sosial yang paling banyak mempengaruhi tingkat penjualan Ade yaitu Facebook, istri Ade lah yang membantu mengurus promosi penjualan di Facebook, ia juga memasarkan produk mereka di Marketplace Facebook





Keempat, penerima Saran dan Kritik Konsumen Dengan Memberikan Solusi. 
“Dalam menjalankan usaha ini tak jarang kami mendapatkan kritik oleh konsumen, dari kritikan tersebut kami langsung menindaklanjuti masalah ini sampai konsumen puas. Dari kritikan yang dilontarkan konsumen ini merupakan cara agar kami tahu dimana kekurangan dari usaha ini dan dapat meningkatkan hal dimana yang menjadi kekurangan kami” tutur Ade. 

Kelima, Memperbanyak Reseller diluar daerah Agam.Setelah menjalankan usaha ini 3 tahunan, ternyata konsumen Ade banyak yang berasal dari luar daerah Agam yaitu Kota Padang, Solok, Payakumbuh dan Jambi. Salah satu cara agar harga jual susu tidak mahal yaitu dengan membuat reseller dari kota-kota tersebut yang bertujuan agar menghemat biaya distribusi. Hampir 35% dari penjualan yang ada 
ternyata berasal dari pembelian para reseller yang ada di Kota Padang.

Belakangan ini usaha Ade sangat mengalami lonjakan permintaan sehingga tak jarang ia kehabisan stok susu kambing etawa yang mengakibatkan ia harus melakukan sistem preorder kepada para konsumennya. Dikarenakan hal ini, Ade membangun beberapa kandang baru dan membeli beberapa kambing untuk menunjang produksi susu kambing yang lebih banyak, jika ditotal banyak kambing yang Ade miliki sekarang yaitu sekitar 30 ekor dan yang dapat menghasilkan susu hanya sekitar 6 kambing tiap bulannya.

Kesuksesan usaha Ade ini tidak lain dan tidak bukan karna produknya itu sendiri, susu kambing etawa memiliki banyak manfaat yang terkandung, yaitu mencegah pengeroposan tulang dan anemia, mengandung prebiotik, melawan inflamasi, memperkuat kekebalan tubuh, baik untuk jantung, bermanfaat untuk sistem pencernaan, cocok untuk pengoptimalan perkembangan bayi dan bagus untuk kecerdasan otak. 

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, mengomsumsi susu kambing dianjurkan 2 kali dalam sehari dengan takaran 180ml-200ml per hari. Jangan mengomsumsi berlebihan susu kambing etawa karna susu ini mengandung lemak hewani yang tinggi. 

“Kami akan terus melakukan perkembangan dari segala aspek pada usaha kami agar usaha terus berkembang dan konsumen dapat puas dengan apapun yang kami berikan. Pelanggan adalah raja itu adalah kata-kata yang juga kami terapkan dalam usaha kami ini” ucap Ade. (*)

Agam, 04 oktober 2022
×
Kaba Nan Baru Update