Notification

×

Iklan

Iklan

Khotmil Qur'an dan Syukuran Meriahkan HUT ke-22 Baznas Pasbar

17 Januari 2023 | 21.23 WIB Last Updated 2023-01-18T04:24:33Z


Pasbar, pasbana - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22, pada Selasa (17/1). Syukuran HUT yang digelar di Aula Kantor Baznas Pasbar itu dihadiri Wakil Bupati Risnawanto yang didampingi Kemenag Pasbar, Staf Ahli Bidang Agama Adrianto, Kabag Kesra Hartasani, dan para Komisioner Baznas Pasbar.

Wakil Bupati Pasbar Risnawanto menyampaikan, atas nama Pemda serta masyarakat Pasaman Barat mengucapkan selamat ulang tahun kepada Baznas yang ke-22 tahun, yang diperingati setiap 17 Januari. Ia berharap, Baznas dapat terus mengajak dan membangkitkan kesadaran masyarakat Pasbar untuk berzakat. 

"Semoga diusia yang terus bertambah ini, Baznas akan tumbuh semakin kuat, terpercaya dan modern. Dan bisa terus mengajak dan memfasilitasi masyarakat Pasbar untuk berzakat, membangkitkan kesadaran masyarakat untuk berbagi rezeki dan kebahagiaan dengan saudara-saudara yang membutuhkan," kata Risnawanto. 

Ia meminta Baznas agar meningkatkan kepedulian sosial dan solidaritas masyarakat dengan saling berbagi dan peduli, serta memperkuat ekonomi umat islam. Meningkatkan potensi yang ada dalam hal pengumpulan dana zakat, infaq dan sedekah baik secara individu dan kelompok dan kelembagaan lainnya. 

"Semoga kedepan Baznas akan melakukan terobosan baru sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada dalam hal penyaluran atau pendistribusian zakat infak sedekah, agar sesuai dengan ketentuan syariat serta peraturan dan undang-undang yang berlaku," jelas Wabup Risnawanto. 

Sementara itu, Ketua Baznas Pasbar Muhajir pada kesempatan tersebut berharap dalam momentum peringatan HUT Baznas yang ke-22, Baznas tetap menjadi Lembaga Utama Sejahterakan Ummat.

"Kami sebagai Amil Zakat di Kabupaten Pasaman Barat, tetap berupaya memaksimalkan potensi yang ada, baik dalam pengumpulan dan penyaluran sesuai dengan regulasi yang ada," kata Muhajir 

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini pihaknya meminta dukungan dari seluruh pihak agar keberadaan Baznas semakin eksis di tengah masyarakat. 

"Kedepan kami menargetkan untuk menjangkau beberapa daerah pinggir dan terisolir dalam hal pendistribusian dan penyaluran, baik zakat, infak dan sedekah. Untuk itu, kami mengharapkan dukungan moril dan materil dari pihak terkait, kemudian ucapan terima kasih kepada seluruh mustahik yang sudah percaya kepada Baznas Pasbar. 

Senada dengan itu, Ketua Panitia Pelaksana Hidayat Komari menyampaikan rangkaian acara pada milad Baznas tingkat Kabupaten  Pasaman Barat, dianataranya ialah Anjangsana ke Panti Asuhan Yayasan Bunda Berbagi untuk menyantuni anak panti asuhan, kemudian Takmil atau Khatam Quran oleh seluruh Komisioner dan seluruh Amil Pelaksana Baznas. 

"Dan puncak rangkaian acara adalah pada hari ini pelaksanaan syukuran bersama Pemda Pasbar, Kemenag Pasbar, para Muzakhi, Mustahik dan undangan lainnya," tangkasnya. 

Diakhir acara juga dilakukan Penyerahan UPZ Baznas Kabupaten Pasaman Barat yakni pengumpul zakat terbanyak di Pasbar yakni kepada Sofyan Sahuri, Unit Pengumpul Zakat Kecamatan Luhak Nan Duo dan Dodi, Unit Pengumpul Zakat Kecamatan Pasaman yang diserahkan oleh Wabup Risnawanto didampingi Ketua Baznas Muhajir.
×
Kaba Nan Baru Update