Notification

×

Iklan

Iklan

"Padang Bagoro", Wujudkan Batang Arau yang Bersih

29 Januari 2023 | 22.39 WIB Last Updated 2023-01-29T15:39:42Z


Padang, pasbana--- Pemerintah Kota (Pemko) Padang, kembali melanjutkan kegiatan Padang Bagoro. Kali ini kegiatan dipusatkan untuk pembersihan kawasan sungai Batang Arau di Kecamatan Padang Selatan, Minggu (29/01/2023).

Dengan menaiki perahu karet, Walikota Padang Hendri Septa didampingi asisten I Edi Hasymi, Kadis DLH Mairizon, Wadanramil 03 Kapt Inf Japilus, Camat Padang Selatan Jasman, menyusuri kawasan sungai yang membatasi Kelurahan Pasa Gadang dan Kelurahan Seberang Palinggam tersebut.

Bersenjatakan jaring, Wako bersama jajaran membersihkan sungai dari aneka ragam sampah, terutama sampah plastik, kemudian memasukkan ke dalam karung yang telah disiapkan sebelumnya.

"Kita tidak bosan-bosannya mengimbau kepada seluruh warga Kota Padang, agar tidak membuang sampah ke sungai, karena sungai bukan tempat sampah," kata Wako.

Wako meminta, agar seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, termasuk kebersihan sungai.

Menurut Wako, kegiatan Padang Bergoro merupakan salah satu program Pemko Padang dalam mengedukasi dan mengajak warga Kota Padang untuk mulai membersihkan lingkungan, dengan melibatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar turut bergotong-royong.

"Sungai adalah legacy kita untuk generasi yang akan datang, jangan sampai kita mewariskan sungai yang kotor dan tercemar kepada anak cucu kita kelak, maka dari itu mari kita bersama menjaga sungai agar bersih, sehingga generasi berikutnya dapat manfaat dari warisan yang kita tinggalkan," kata Wako.

Turut hadir pada kegiatan ini Sekdako Padang Andree Algamar, Danyonmarhanlan II Padang Letkol (MAR) Dadang Widyanto yang diwakili Lettu (MAR) Ronny VP, seluruh kepala OPD dan ASN di lingkungan Pemko Padang. 

Sejumlah prajurit TNI AL dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) II Padang, diterjunkan membantu kegiatan Padang Bagoro ini. 




Mereka nampak berbaur dengan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang, membersihkan sampah dan rerumputan di sepanjang bantaran sungai Batang Arau.

Selain itu, sebagian prajurit lainnya mengendarai perahu karet khas Marinir, nampak menyusuri sungai untuk membersihkan sungai dari sampah, maupun tumpukan ranting yang menghambat aliran air.

Danyonmarhanlan II Padang Letkol (Mar) Dadang Widiyanto yang diwakili Lettu mar Ronny VP mengatakan, para prajurit TNI AL, khususnya Yonmarhanlan II Padang, selalu siap bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemko Padang.

"Hari ini berdasarkan perintah Danyon, kita menurunkan sejumlah personil untuk membantu dan mendukung program Pemko Padang, guna menciptakan kawasan sungai yang bersih," kata Lettu Ronny.

Ia menegaskan, sesuai arahan Danyon,  Marinir hadir di kota Padang guna bersinergi dan berkolaborasi dengan segenap lapisan, serta siap bahu membahu bersama masyarakat.

Diturunkannya personil dalam kegiatan gotong-royong kali ini menurut Ronny adalah, selain membersihkan kawasan sungai, juga mengantisipasi dampak cuaca seperti banjir.

"Sampah tentunya dapat mengakibatkan tersumbatnya saluran air, jika hujan tentu jika saluran air tersebut dapat menyebabkan banjir," tambah Ronny.

"Setiap saat, kapanpun masyarakat Kota Padang membutuhkan, Marinir siap 24 jam, baik personil maupun perlengkapan yang dibutuhkan," tugas Lettu Ronny. (Rel) 
×
Kaba Nan Baru Update