Notification

×

Iklan

Iklan

Padang Panjang Art Fest 2022

05 Januari 2023 | 11.30 WIB Last Updated 2023-01-05T04:30:49Z

Oleh : Intan Tanita Devi (*

Pasbana - Memasuki bulan Desember di penghujung tahun 2022, pada tanggal 1 Desember 2022 yang bertepatan dengan Hari Jadi Kota (HJK) Padang Panjang yang ke-232, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Padang Panjang telah melakukan persiapan dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Padang Panjang, namun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini Padang Panjang mengusung Konsep Art Fest 2022.

Acara ini berfokus pada perlombaan di antaranya lomba melukis, foto, vlog, menulis dan game e-sport.  

Berdasarkan info yang didapatkan dari Kabid Pariwisata Disporapar Kota Padang Panjang, Reynold Oktavian, S.T, MTI dalam rangkaian Padang Panjang Art Fest 2022 yang menjadi kegiatan utama adalah perlombaan melukis yang di adakan di halaman PDIKM Kota Padang Panjang dan Kawasan Islamic Center Kota Padang Panjang. 

Kawasan yang asri dan bebas polusi didukung dengan cuaca cerah dan sejuk membuat para seniman bisa menikmati proses berkarya, antusias peserta yang tinggi terlihat dari banyaknya peserta yang terdiri dari unsur kalangan pelajar dan umum. 

Tidak hanya itu, sebanyak 10 seniman dari kalangan seniman professional juga turut memeriahkan event ini. Antusias peserta tidak hanya dari warga sekitar Kota Padang Panjang, namun juga kota-kota terdekat seperti Bukittinggi, Solok, Pariaman, Padang dan bahkan dari luar provinsi Sumatra Barat juga ikut berpartisipasi dalam memeriahkan ArtFest tahun ini. 

Pada hari pertama kegitan berpusat di Kawasan PDIKM Kawasan yang luas dan indah didukung dengan banyaknya pohon yang rindang menjadi tempat yang bebas dapat diambil para seniman dari berbagai posisi dapat mencari, mengembangkan ide konsep garapan yang akan dilukiskan. 

Sedangkan pada hari kedua kegiatan berfokus di Kawasan Islamic Center Padang Panjang. Namun untuk perserta yang mengikuti perlombaan waktu penyelesaian lukisan dibatasi sampai jam 12.00 WIB.

Secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan Art Fest 2022 sudah sangat baik semua peserta yang mengikuti perlombaan dengan waktu yang tepat dan adil. Adapun tema yang diambil pada Art Fest kali ini adalah tentang seputar Keindahan Wisata Padang Panjang. 

Antusias perserta yang sangat tinggi dari kategori pelajar sehingga panitia membagi lomba menjadi 3 bagian yaitu melukis umum, melukis pelajar dan menggambar sketsa. Dari kegiatan ini juga banyak melahirkan karya-karya terbaik yang di hasilkan dalam kurun waktu dua hari .

Adapun pemenang pada perlombaan ini dibagi dalam 3 cabang yaitu umum. Pelajar melukis, pelajar sketsa yang masing-masingnya diambil 3 terbaik yang akan mendapatkan hadiah dari perlombaan. Tidak hanya itu diawal kegiatan juga dilakukan bincang-bincang seni yang bersama sepuluh orang seniman Maestro Lukis yang disetting sebaik mungkin di area Medan Bapaneh di Kawasan PDIKM, yang membicarakan permasalahan seputar dunia kesenirupaan, yang dapat membuka wawasan masyrarakat akan pentingnya seni dalam kehidupan.

Hanya saja ada dari beberapa peserta mengeluhkan ukuran kanvas yang sedikit kecil berukuran 50x60 untuk kategori umum dan kategori pelajar yang di sediakan oleh panitia.

Disamping itu karena Padang Panjang yang terkenal dengan kota hujan .Adanya harapan dari peserta untuk diadakan event serupa dengan pengembangan yang lebih baik dan disediakan space atau tempat yang aman dari kondisi cuaca yang kurang mendukung saat pelaksanaan kegiatan.

Dengan disediakannya space yang memadai diharapkan masyarakat kedepannya juga dapat lebih antusias mengikuti dan menikmati aktifitas apresiasi seni yang disuguhkan dan adanya perbaikan dan keberlanjutnya dari acara ini nantinya akan dapat menumbuhkan rasa kesadaran masyarakat akan pentingnya nilai-nilai seni dan kebudayaan Minangkabau yang salah satunya bisa diwujudkan dalam bentuk kegiatan artfest atau kegiatan serupa lainnya. (*) 


*) Diajukan Untuk memenuhi Tugas UAS mata kuliah Kritik Seni 
×
Kaba Nan Baru Update