Notification

×

Iklan

Iklan

Perkuat Peran Sebagai Role Model Bahasa Asing, Pontren Kauman Luncurkan Buku Pedoman Berbahasa Asing

30 Januari 2023 | 15.25 WIB Last Updated 2023-01-30T08:25:49Z

Padang Panjang, pasbana - Sebagai role model pendidikan bahasa asing, Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang menyelenggarakan Peluncuran Buku “Student’s Language”, Senin (30/1/2023). 

Buku yang merupakan pedoman Bahasa Arab dan Bahasa Inggris ini, merupakan karya dari santri Kauman khususnya Kauman Language Center/KLC. Hanifah, Habiburrahman, Suci Rahayu dan M. Rifqi Muzaky Noeris sebagai penulis dan didesain oleh Muzakki Ramadon. 

Hanifah menjelaskan bahwa buku ini merupakan salah satu mahakarya KLC. Ia sebagai guide bagi pengurus KLC dalam peningkatan Bahasa asing di setiap apel pagi. 

"Buku yang terdiri dari dua versi ini (MTs dan MA) masing-masingnya berisikan penggunaan bahasa asing yang biasa digunakan sehari-hari, Quote serta  bedah kosa kata Bahasa Arab yang terdapat dalam Al-Quran” ujar Ketua Divisi Bahasa Arab KLC tersebut. 

Penyelenggaraan acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pelantikan 53 orang Pengurus KLC periode 2023/2024. Dengan Tsabit Aqdamana dinobatkan sebagai Ketua KLC. 

Setelah Dr.Derliana, MA meluncurkan buku, Ia mengucapkan terima kasih kepada penggurus KLC yang telah menuntaskan buku tersebut. 

“Terima kasih atas hadirnya buku KLC. Hal ini sangat membantu kita dalam meningkatkan Bahasa Asing. Ini merupakan tantangan bagi pegurus KLC periode 2023/2024 dengan terpilihkan Kauman sebagai role model Dalam penerapan Bahasa Arab dan Inggris di seluruh sekolah negeri maupun swasta se-Sumatera Barat,” jelas Mudir Kauman tersebut.  

Ia menambahkan “ Dalam penerapannya, KLC diminta untuk menyiapkan jasus yang akan memata–matai penggunaan Bahasa di setiap ruang Kauman. Baik itu di kelas, kantor, kantin, perpustakaan maupun di asrama” terangnya.

Nicky Sondra, Lc. Dipl menegaskan bahwa “Bahasa adalah mahkota dan mahkota itu ada di diri kita masing-masing," tutup Direktur KLC itu. (SEA)
×
Kaba Nan Baru Update