Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Adab Sebelum Beradat

15 Februari 2023 | 10.04 WIB Last Updated 2023-02-15T03:06:15Z
Oleh: Muhammad Jamil Labai Sampono
Pegiat Literasi Adat Minangkabau


pasbana - Diminangkabau kehidupan penuh dengan adat, dan sampai saat ini masih bertahan sebagai warisan kato pusako dan aset budaya yang sudah datang turun temurun.

Birik biriak tabang kasamak,
dari samak tabang ka halaman,
dari ninik turun kamamak,
dari mamak turun kakamanakan

Ikolah warih nan bajawek dan tutua nan badanga. Inilah adalah asat yang dilindungi uu sampai saat ini baik undang undang negara maupun internasional.

Diminang pewarisan adat adalah tanggung jawab pelaku adat terutama adalah yang bagala datuak atau penghulu, karena pada dirinya adalah pai tampek batanyo dan pulang tampek babarito. artinya penghulu adolah sokoguru yang akan menjadi kepala waris dalam sako dan pusako.

Adat adalah sako yang harus dipertahankan dan harus diwariskan dan dicontohkan oleh pelaku adat.Untuk Itu Syarak mengingatkan, bahwa adab jauh lebih penting dibanding Ilmu lainnya dalam mendalami ilmu tersebut, terutama adalah bagi pewaris ilmu atau guru. 

Dalam hal adat maka dia berada di tangan pemuka adat sebagai penanggung jawab utama dalam pewarisan nilai adat tersebut. Maka adab dalam konsep syarak mesti dipahami dulu oleh pemuka adat sebelum mendalami adat, terutama adat salingka nagari sebagai pelaksana adat nantinya. artinya pelaksanaan adat akan nampak dan kuat ketika sudah diberlakukan dinagari.

Adab sebelum memahami ilmu
“Sesungguhnya aku (Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam) diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik,” (HR. Ahmad).

Sahabat, hadis di atas menunjukkan bahwa hal yang perlu dipelajari oleh kita sebagai umat Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam adalah memperbaiki akhlak. Bahkan menurut Imam Malik dalam nasihatnya menuturkan: “Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu.

Islam menganjurkan begitu pentingnya mempelajari adab, bahkan Imam Ibnu Mubarak mengaku bahwa beliau mempelajari adab selama 30 tahun dan mempelajari ilmu selama 20 tahun. Dengan adanya contoh seperti itu, sudah seharusnya kita menyadari dan menerapkan adab serta akhlak yang baik untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Bahasa Arab, adab merupakan bentuk kata benda dari kata kerja adaba yang artinya kesopanan, sopan santun, tata krama, moral, nilai-nilai yang dianggap baik oleh masyarakat. Di dalam Islam, banyak sekali adab yang seharusnya diterapkan, seperti adab berdoa, adab membaca quran, adab bertetangga, adab terhadap orang tua, orang lain, dan banyak lagi adab yang lainnya.

Salah satu teladan terbaik sepanjang masa dalam hal adab dan akhlak adalah Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam. Meskipun dalam perjalanan dakwahnya beliau mendapatkan cacian dan hinaan, namun beliau tetap sabar dan tidak membalasnya.

Semoga kita semua termasuk umat Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam yang senantiasa memperbaiki adab dan akhlak setiap hari, baik itu hubungan dengan Allah (habluminallah) ataupun hubungan dengan manusia (habluminannas).
×
Kaba Nan Baru Update