Notification

×

Iklan

Iklan

Baru Terbentuk, Asosiasi Homestay Padang Panjang (AH PaPa) Toreh Prestasi Juara 3 Lomba Homestay Se Sumatera Barat

09 Maret 2023 | 22.18 WIB Last Updated 2023-03-09T17:22:24Z

Sawahlunto, pasbana - Dalam rangka Festival Homestay se Sumatera Barat yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Homestay Sumatra Barat (PHSB)  dihadiri dan diikuti oleh pengurus homestay se Sumbar, Riau dan Jambi yang diselenggarakan di Kota Sawahlunto, pada 7-9 Maret 2023.

Festival Homestay kali ini dihadiri langsung dan dibuka secara resmi oleh Walikota Sawahlunto Bapak Deri Asta . 

Dalam sambutannya, Deri Asta menyampaikan bahwa bagi Sawahlunto, homestay memiliki sejarah dan arti penting dalam membangun pariwisata. 




" Homestay merupakan kekayaan lokal yang kita tawarkan sebagai pilihan penginapan bagi para tamu dan wisatawan, karena memang kalau untuk hotel itu masih terbatas di Sawahlunto, " jelas Walikota Deri Asta. 

Untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan homestay tersebut, Wali Kota Deri menyebut Pemkot Sawahlunto komitmen memberikan dukungan yakni dari segi peningkatan kapasitas SDM pengurus dan pengelola homestay melalui pelatihan dan lain-lainnya.




“Pemko Sawahlunto mendukung penyelenggaraan Homestay Festival ini. Kita yakin melalui momen ini tercipta sinergi yang semakin baik dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan homestay di Sumbar, Riau dan Jambi,” kata Wali Kota Deri Asta.

Ketua PHSB sekaligus Asosiasi Homestay Sawahlunto buk Hj. Kamsri Benty,SE menjelaskan dalam tiga hari rangkaian Homestay Festival itu digelar sejumlah kegiatan, antara lain yakni pada hari pertama ada Seminar Pengurus Homestay Se-Sumatera Barat sekaligus  wisata keliling di Kota Sawahlunto 




" Kemudian pada hari kedua, dilaksanakan peresmian pameran UMKM dan lomba paduan suara mars dan hymne Homestay,” kata Ketua 
Asosiasi Homestay Padang Panjang (AH PaPa) Fahmi Kamal. 

Setelah itu pada hari ketiga digelar lomba penyajian sarapan pagi, lomba masakan rendang tradisi khas daerah Sumbar, lomba masak nasi goreng bagi bapak-bapak Ketua DPC IHSA se-Sumbar dan lomba masak nasi goreng standar cafe dan resto.

Hadir dalam Homestay Festival itu yakni Pimpinan Homestay Tekgu Malaysia, Muhammad Azmi Azis dan Ketua IHSA, Hentje Alvy Pongoh.

Dalam kunjungan  Pimpinan  Malaysia  memberikan seminar terkait  Homestay  dan Pertukaran  Pelajar Malaysia  dengan  Indonesia.




Alhamdulillah  berkat usaha dan perjuangan 
Asosiasi homestay Padang panjang yang baru saja dibentuk beberapa bulan lalu, dengan kegigihannya serta mendorong ibuk, bapak pemilik homestay mengikuti lomba yang diadakan  di Sawahlunto. 

" Ternyata saat diumumkan,  alhamdulillah meraih juara III untuk  lomba penyajian sarapan pagi dan memasak nasi goreng, ini berkat usaha dan perjuangan seluruh anggota Homestay Kota Padang Panjang, " ucap Fahmi Kamal didampingi Sekretaris Muhamad Ilham,M.Sn.

Kegiatan ini keberangkatan dari sumber dana iuran sosial pengurus asosiasi homestay Padang Panjang dan  para donatur pengurus homestay Padang Panjang serta kerja sama dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Padang Panjang yang telah memfasilitasi  dan mensupport kegiatan  ini.

Sebagai informasi, Asosiasi Homestay Padang Panjang (AH PaPa) diketuai oleh Fahmi Kamal, Sekretaris Muhamad Ilham,M.Sn. dan Bendahara Suryati, S.Pd. (ilh) 
×
Kaba Nan Baru Update