Notification

×

Iklan

Iklan

Sebagai Wujud Raja Syukur dan Tolak Bala, Nagari Sungai Lansek Gelar Bakaua Adat

09 Maret 2023 | 20.36 WIB Last Updated 2023-03-09T17:39:22Z

Sijunjung, pasbana - Kegiatan Katompat atau Tradisi Bakaua Adat merupakan tradisi turun temurun dari nenek moyang sejak dulu kala dan sampai saat ini masih di laksanakan oleh sebagian Nagari di Kabupaten Sijunjung 

Tepatnya di Nagari Sungai Lansek, Kecamatan Kamang Baru juga dilaksanakan acara Bakawua Adat setelah selesai panen yang digelar di Tompat Pakawuan, Makam Koto Tuo, Jorong Koto pada Kamis 9 Maret 2023.

Tradisi Bakaua Adat di Nagari Sijunjung adalah ungkapan rasa syukur yang diluapkan oleh masyarakat atas berkat dan karunia dari Allah SWT atas hasil panen hasil pertanian yang diberikan.

Akhir dari prosesi Bakaua Adat akan dilaksanan tradisi yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh lapisan masyarakat yaitu ''Makan Bajamba'' yaitu Makan Bersama. 




Disamping mensyukuri nikmat disertai berdoa dan atas rezeki yang diberikan dan semoga selalu dalam limpahan rezki tersebut, kegiatan Bakaua Adat ini juga untuk menjalin silaturahmi dan kekompakan masyarakat Tani dalam mengarap pertanian Sawah khususnya.

Acara juga diisi dengan Bundo Kanduang yang  mengikuti arak-arakan sambil menjunjung jamba (dulang berisi makanan) di kepala mereka saat prosesi Bakaua Adat di perkampungan adat Nagari Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. 




Bakaua adat adalah tradisi untuk menentukan waktu turun ke sawah (masa tanam) secara serentak sekaligus wujud syukur setelah panen sebelumnya.

Acara ini dihadiri langsung Bupati, Benny Dwifa Yuswir didampingi Asisten II, Mukhadiris, Kadis Pendidikan, Puji Basuki, Kadis Kesehatan, Ezwandra, Kadis Pangan, Adri, Kadis Pertanian, Ronaldi, Kadis DPMN, Joni Antonius, Kadis Perkim LH, Arif Megayanto, Kadis PU, Syariwan, Kadis Parpora, Afrineldi, Kadis PMPTSP, Jaheri, Kadis Dalduk KB, Roni Satria, Kadis Perhubungan, Bobby Roespandi, Inspektorat, Rahmad Ronaldi, dan Sekretaris Bapppeda, Hary Oskar. (Bd) 


×
Kaba Nan Baru Update