Notification

×

Iklan

Iklan

Pendaftaran Calon Komisioner Bawaslu Sumbar Periode 2023-2028 Dibuka

14 April 2023 | 23.48 WIB Last Updated 2023-04-14T21:57:34Z


Padang, pasbana
- Tim Panitia Seleksi (Pansel) membuka pendaftaran calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatra Barat periode 2023-2028 dan jadwal pendaftaran dibuka dalam dua gelombang.

Ketua Tim Pansel Calon Anggota Bawaslu Sumbar Dr Wirdyaningsih dalam jumpa pers hybrid di Padang, Jumat jadwal pendaftaran dibuat dua gelombang karena adanya libur dan cuti Idul Fitri 1444 Hijriah.

Menurut dia pembukaan pendaftaran gelombang pertama digelar 17-18 April 2023 dan dilanjutkan usai libur Idul Fitri dari 26 April hingga 3 Mei 2023.

"Kita mengimbau putera puteri terbaik Sumatera Barat untuk mendaftarkan dirinya sebagai calon Komisioner Bawaslu Sumbar. Ada dua posisi komisioner Bawaslu yang akan diisi di penerimaan kali ini," kata dia.

Ia mengatakan berkas pendaftaran ini dapat diantarkan di jadwal ke sekretariat panitia di Sultan Palace Hotel Kota Padang yang buka di hari kerja dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

"Berkas ini dikirim tiga rangkap, selain bisa diantarkan langsung bisa dilakukan melalui email dan pos," kata dia.

Setelah tahap pendaftaran, maka panitia akan memberikan masa perbaikan berkas sebelum melanjutkan proses dengan penelitian administrasi yang diterima panitia.

"Kita akan teliti track record pendaftar ini dan memastikan mereka tidak berasal dari partai politik dan lainnya," kata dia.

Sekretaris Pansel Bawaslu Sumbar Yose Hendra mengatakan setelah itu hasil penelitian dan verifikasi berkas administrasi akan diperiksa sesuai petunjuk teknis dari Bawaslu RI.

Setelah tes penelitian administrasi, mereka yang lolos akan mengikuti tes tertulis berbasis komputer dan tes psikologi. Bagi peserta yang memiliki nilai tertinggi mereka akan mengikuti tes kesehatan dan wawancara serta hasil dari tes wawancara ini hanya empat orang yang dinyatakan lolos.

"Empat nama calon ini yang nantinya akan dibawa ke Bawaslu RI untuk dilakukan proses dan pelantikan nantinya," kata dia.

Anggota Pansel Bawaslu Sumbar Haryadi mengatakan Tim Pansel ini akan bekerja sesuai dengan aturan dan melakukan penjaringan dari putera puteri Sumatera Barat yang berdomisili di Sumbar.

"Penetapan yang akan lolos itu semua ada di Bawaslu RI," kata dia.

Sebelumnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menunjuk lima akademisi sebagai tim panitia seleksi untuk dua anggota Bawaslu Sumbar periode 2023-2028 yang diketuai Dr Wirdyaningsih sebagai ketua, Yose Hendra sebagai Sekretaris dan tiga orang anggota Haryadi, Dr Novia Ningsih dan Dr Syukri.(rilis) 
×
Kaba Nan Baru Update