Notification

×

Iklan

Iklan

Tinjau Irigasi P3TGAI, Rezka Oktoberia Dinilai Sukses Bawa Kue Pembangunan ke Kampung Halaman

23 Mei 2023 | 13.06 WIB Last Updated 2023-05-23T06:08:48Z


Limapuluh Kota, pasbana - Dengan kesederhanaannya memakai sendal jepit, anggota DPR-RI Fraksi Partai Demokrat, 
Rezka Oktoberia meninjau delapan titik pembangunan irigasi yang bersumber dari dana APBN dan pembangunan P3TGAI di kabupaten Limapuluh Kota, baru-baru ini, memastikan langsung pekerjaan tersebut berjalan baik dan sesuai perencanaan.

Disela-sela kegiatan peninjauan irigasi di Limbanang, terpancar dari raut wajah dan sikap seorang srikandi Luak Limopuluah, Rezka Oktoberia dengan ramah, santun, sopan dan menghormati yang lebih tua. Terutama terhadap Samsinar (lansia), istri Almarhum datuak Sasau, mantan ketua pasar Limbanang dan pemilik sawah di lokasi irigasi.

Dikatakan Rezka Oktoberia anak nagori dari daerah Mudiak Guguak, kabupaten Limapuluh Kota kepada wartawan, Program Percepatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang diperjuangkan ini, merupakan Program Kementrian PUPR via Ditjen Sumber Daya Air yang dibawa langsung oleh anggota DPR-RI Rezka Oktoberia ke kampung halamannya. 

“Ini adalah survey hari ke - 2 dimana sebelumnya Rezka juga sudah meninjau pelaksanaan P3TGAI yang lain. program P3TGAI sangat bermanfaat untuk pemenuhan ketersedian air di persawahan, supaya bisa meningkatkan hasil Produksi Tani.
Melalui P3-TGAI kita bisa membawa Program Kementrian PU-PR ke Daerah kita, untuk tahap I kita bisa bangun di 15 Nagari se Kabupaten Limapuluh Kota,” kata Srikandi Luak 50 yang sering pulang ke kampung halaman mulai dari menjabat hingga saat ini.

Uni Rezka juga berharap dengan lancarnya air irigasi ke lahan lahan pertanian, bisa meningkatkan produksi pertanian terutama padi, dan ia akan selalu mengeksplorasi kebutuhan Daerah, khususnya kabupaten Limapuluh Kota, untuk bisa kita perjuangkan di pusat nanti. Karena program ini selaras dengan usulan dari kelompok P3TGAI di masing masing nagari yang kami serap via reses tahun lalu.




Sementara itu, Sastri Andiko, Dt Putiah, anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, menyampaikan, ini adalah bukti nyata kerja anak nagari kita yang ada di pusat. Uni Rezka Oktoberia terus membawa program Kementrian PUPR ke Limapuluh Kota, mudah-mudahan tahun berikutnya dapat di tingkatkan lagi aspirasi yang di bawa uni Rezka ke kampung kita.

“Sebagai perpanjang tangan uni Rezka Oktoberia di Luak Limopuluah, yang jelas kami satu rumah, siap menyambut pemilu 2024 mendatang dengan riang dan gembira, serta tak tanggung tangguang akan memenangkan srikandi kebanggaan Luak Limopulauh ini ke periode berikutnya,” ucap Putra nagari Batu Payuang Lasahan Sastri Andiko.

Terpisah, Wali Nagari Limbanang, Yori Novila mengucapkan rasa syukur dan ucapan terima kasih atas atensi dan Perjuangan srikandi Luak Limopuluah kita Ibuk Rezka Oktoberia, kita sangat bangga meski tidak komisi beliau, namun beliau sangat gigih membawa kue pembangunan dari pusat untuk kampung halaman.

Hal senada juga di ucapkan Wali Nagari Sitanang, Hardison Datuak Tulahir, terima kasih banyak ibuk Rezka Oktoberia yang sudah susah payah berjuang memperjuangkan aspirasi masyarakat kami. “Mudah mudahan program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat petani kami pada musim panen berikutnya,” ujar Hardison di dampingi Jorong, Polsek Luak dan ketua Pemuda jorong Sungai Ipuah.




Sebelumnya Rezka Oktoberia juga merevitalisasi 2 jaringan irigasi yersier yang berada di Jorong Guguak Nagari Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota. 

Kepala Jorong Guguak Oska Ridha bersyukur dan berterima kasih atas atensi dan perjuangan ibuk Rezka. Jaringan Irigasi Tersier sepanjang ±400 M tersebut banyak bergantung dari ketersediaan air dari Jaringan Irigasi ini, sehingga kalau Aliran air sudah lancar, kami berharap bisa meningkatkan Produksi Petani kami.

“Terima kasih Buk Rezka Oktoberia yang sudah susah payah memperjuangkan aspirasi masyarakat kami, mudah mudahan manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat petani kami pada musim panen berikutnya,” pungkasnya.

Wali Nagari Guguak VIII Koto, Yosrizal, SH.MH tak urung ikut bersyukur, menurutnya jaringan irigasi ini berasal dari jaringan irigasi primer di Tanjung Bataut jorong Kubang tungkek.Tahun ini Nagari Guguak bisa dapat 2 program, mudah mudahan tahun berikut bisa menyasar pada program program bermanfaat lainnya yang bisa dibawa Ibuk Rezka dari pusat ke daerah. 

“Produktifitas tani kami sangat bergantung dengan ketersedian air, jika sudah direvitalisasi dengan sistem betonisasi maka akan tidak langsung menyerap ke tanah, sehingga ketersedian air bisa dipertahankan pada jaringan irigasi,” ulasnya.

Selain Limbanang dan Guguak, Rezka Oktoberia juga meninjau pembangunan irigasi P3TGAI di nagari Suayan, Balai Panjang, nagari Sitanang Kecamatan Lasahan, nagari Taram serta Maek kecamatan Bukit Barisan Kabupaten Limapuluh Kota. (BD)
×
Kaba Nan Baru Update