Notification

×

Iklan

Iklan

Hama Tikus Serang Lahan Pertanian di Padang Panjang

10 Agustus 2023 | 22.52 WIB Last Updated 2023-08-11T00:18:55Z
PADANG PANJANG, Pasbana -- Hama tikus dilaporkan menyerang area-area persawahan di sejumlah wilayah Padang Panjang yang membuat para petani resah akan gagal panen.

Kepala Dinas Pangan dan Petanian (Dispangtan), Ade Nafrita Anas, M.P menyampaikan, beberapa hari lalu ia mendapatkan laporan itu dari warga.

"Daerah-daerah yang terdampak hama tikus di antaranya di lahan sawah Kelurahan Ekor Lubuk, Sigando, Ngalau dan Koto Panjang," katanya,  Kamis (10/08) 

Menindak lanjuti laporan tersebut petugas lapangan Dispangtan langsung mencek ke lokasi dan benar adanya serangan hama itu. Dispangtan sudah melakukan sosialisasi kepada kelompok tani bagaimana mengendalikan hama tikus ini.

Selain itu pihaknya juga telah memberikan bantuan berupa racun tikus untuk membasmi hama hewan pengerat tersebut. Bantuan ini merupakan hasil koordinasi Dispangtan Padang Panjang dengan Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumbar.

"Kami telah berkoordinasi dengan provinsi dan mereka langsung memberikan bantuan berupa racun tikus untuk petani kita," ujarnya.

Ade berharap serangan hama tikus ini bisa diatasi secapatnya sehingga tidak mempengaruhi produksi dan hasil panen para petani. (Rel) 
×
Kaba Nan Baru Update