Notification

×

Iklan

Iklan

Mengintip Keindahan Goa Kelelawar di Indarung

18 Agustus 2023 | 15.36 WIB Last Updated 2023-08-18T08:36:32Z


Padang, pasbana -- Kota Padang terkenal dengan wisata bahari yang terus didatangi berbagai wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Selain wisata bahari, ternyata Kota Padang juga mempunyai destinasi wisata yang belum banyak dikenali orang, yaitu Goa Kelelawar Padayo.
Goa yang terletak di daerah Perbukitan Indarung itu bakal dipersiapkan menjadi destinasi wisata baru di Kota Padang, "New Tourism Attraction". Untuk sampai ke titik Goa itu, pengunjung harus memasuki pintu atau gerbang utama PT Semen Padang.
Kemudian harus menyusuri jalan utama PT Semen Padang menuju Bukit Padayo, Kelurahan Indarung sekitar tiga kilometer. Tidak lama, tim ekspedisi memarkirkan kendaraan di salah satu titik pada ketinggian lebih kurang 100 meter di atas permukaan laut.
Pada titik ini, pengunjung juga akan dimanjakan matanya oleh pemandangan Kota Padang dari ketinggian. Terlihat jelas lautan biru, pulau, dan berbagai gedung ikonik yang ada di Kota Padang.
Keasrian alam, suara jangkrik dan burung Bukit Padayo ikut menyapa telinga pengunjung. Bisa menjadi salah satu terapi stress bagi pengunjung yang datang sengaja menikmati alam.
Untuk sampai ke Goa, pengunjung dan tim ekspedisi Dinas Pariwisata harus berjalan kaki menempuh turunan Bukit Padayo ke arah timur sekitar 400 meter. Keasrian dan keaslian wilayah ini masih sangat terjaga.
Jalan yang ditempuh hanya berpijakan pada tanah bukit dan rerumputan yang disiangi oleh penduduk setempat, sehingga membentuk ruas jalan setapak. Pengunjung juga akan disapa dengan dua anak air kecil yang sangat jernih.
Tidak lama setelah itu, Goa Kelelawar menyapa pengunjung. Batuan bergerigi dan berpola bergantungan terlihat seperti tirai.
Sumber air mengalir pada batuan yang begitu kasat dan bersih menjadi penyejuk. Bahkan salah seorang pengunjung, Sintia (24) memberanikan diri mencuci wajahnya pada air itu.
Goa ini dilengkapi bebatuan dengan kisaran luasan 500 meter persegi. Tidak jauh dari pintu masuk, di atas langit-langit Goa dengan ketinggian sekitar empat meter, bergelantungan makhluk nokturnal, kelelawar. Terdapat susunan bebatuan yang terlihat seperti tetesan lilin. Bergelombang, berkilauan, ada yang berwarna hijau dan kuning.
Bermodalkan penerangan telepon genggam, stalagmit dan stalagtit bebatuan di dalam Goa itu terlihat menawan bak berlian. Setelah mengabadikan momen dan keindahan Goa Kelelawar dalam kegelapan, tim pun menuju keluar dari salah satu pintu arah utara goa itu.
PT Semen Padang bersedia membantu dengan anggaran Rp200 juta, untuk mempercantik ornamen goa.
"Tidak hanya itu, PT Semen Padang bahkan berkomitmen membantu akses jalan untuk menuju Goa ini," katanya.
Sejumlah ornamen khas goa yakni stalagmit dan stalaktit yang mencuat dan tersebar di beberapa sudut goa dengan beraneka macam bentuk yang indah. Ini menambah keindahan Goa Kalelawar Padayo dan layak dijadikan sebagai tempat favorit untuk menghabiskan libur akhir pekan sembari berswafoto.
Terakhir, Yudi menyampaikan harapannya kelak Goa ini dapat menjadi destinasi baru yang diminati dan digemari berbagai kalangan wisatawan. (rel)
×
Kaba Nan Baru Update