Notification

×

Iklan

Iklan

Berbusana Kreatif dari Barang Bekas, Peserta Kirab Pawai Alegoris Tampil Memukau

19 Agustus 2023 | 16.58 WIB Last Updated 2023-08-19T10:02:57Z

Padang Panjang, pasbana - Pawai Alegoris selain rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI), juga menjadi ajang kreativitas siswa se-Kota Padang Panjang.

Seperti yang terlihat pada pawai yang dilaksanakan Sabtu (19/8) ini. Sekitar 7.000-an pelajar dari berbagai tingkatan, unjuk kepandaian dan kebolehan. Bermain musik, bermain peran dan memperagakan pakaian sesuai tema yang diusung sekolahnya. 

Hal yang menarik tampak dari peragaan pakaian dari barang bekas yang dikemas dalam bentuk gaun, rumbai-rumbai, jas dan kostum robot yang dikenakan siswa. Pakaian dari barang bekas ini merupakan hasil karya siswa sebagai implementasi dari pelajaran karya seni.



Kepala SDN 15 Padang Panjang Timur (PPT), Irma Suryani, S.Pd menuturkan, sekolahnya menampilkan peragaan busana dari limbah. Inspirasinya berawal dari penunjukkan sekolahnya sebagai Sekolah Adiwiyata.

“Inisiatif karya ini dimulai dari guru, siswa dan kerja sama orang tua. Sehingga bisa mengolah sampah menjadi sebuah karya yang unik. Tujuannya agar siswa tahu bahwa sampah ini bisa dibuat sebuah karya yang kreatif,” ungkapnya.

Dengan motto kelola sampah dengan bijak, diharapkan adanya karya dari limbah sampah ini, tidak hanya siswa dan guru saja, namun masyarakat juga bisa termotivasi mengolah sampah dengan baik.



Karya dari bahan sampah ini, telah banyak dirangkai siswa se-Kota Padang Panjang. Tidak hanya siswa SD yang terlibat, siswa tingkat SLTP dan SLTA juga turut meramaikan karya busana dari barang bekas ini.

Bahan yang digunakan dalam pembuatannya juga beragam. Mulai dari plastik, koran bekas, botol bekas, karung bekas, kertas bekas dan kardus bekas yang dirangkai sedemikian rupa. Sehingga menjadj busana yang indah dan unik. 

Selain baju, rangkaian busana dari barang bekas ini juga dibuat dalam bentuk topi, tongkat dan sayap yang membuat parade pakaian dari barang bekas ini kian semarak. (putri fadila)
×
Kaba Nan Baru Update