Notification

×

Iklan

Iklan

Rawat Warisan Buya HAMKA, Pontren KAUMAN Akan Gelar Festival HAMKA

30 September 2023 | 14.59 WIB Last Updated 2023-09-30T12:02:24Z



Padang Panjang, pasbana -- Dalam rangka merawat warisan Buya HAMKA di Ranah Minang, Pondok Pesantren KAUMAN Muhammadiyah Padang Panjang bakal menggelar Festival Buya HAMKA. Bertajuk "HAMKA dan Peradaban yang Diwariskannya", kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 23-28 Oktober 2023 mendatang.

Mudir Pondok Pesantren KAUMAN Muhammadiyah, Dr. Derliana, MA mengatakan, kegiatan itu nantinya bakal diisi dengan berbagai jenis lomba tingkat SLTP dan SLTA, Bazar Buku karya Buya HAMKA, dan kemudian pemaparan kisah perjuangan Buya HAMKA bersama salah satu cucu Buya HAMKA.

"Ada beberapa cabang lomba untuk siswa se Sumatra Barat. Ada bazar buku juga serta kita akan mendatangkan salah satu cucu Buya HAMKA yang menulis buku Nambo HAMKA," ujarnya.

Ditambahkannya bahwa Festival HAMKA menjadi salah satu upaya Pesantren mengenalkan kepada masyarakat bahwa warisan pendidikan Buya HAMKA tersebut berada di KAUMAN Muhammadiyah Padang Panjang. Ia menyebutkan dengan dilaksanakan festival ini, warisan Buya HAMKA akan terjaga dengan baik.




"Warisan pendidikan Buya HAMKA itu hanya ada di KAUMAN. Di sinilah Buya HAMKA mengembangkan ilmunya sehingga lahir lembaga pendidikan bernama Tabligh School yang sekarang bernama Pondok Pesantren KAUMAN Muhammadiyah. Kita ingin merawat itu semua agar sejarah tetap ada untuk generasi yang akan datang," jelasnya.

Januar Efendi, selaku ketua panitia Festival HAMKA menyebutkan bahwa pergelaran kegiatan akan berlangsung selama satu pekan. Setiap harinya akan menggelar lomba. Dijelaskannya bahwa lomba-lomba tersebut melibatkan pelajar SLTP/MTs dan SLTA/MA se Sumatra Barat. Adapun lomba-lomba tersebut adalah jenjang SLTP/MTs lomba Fun Art, Pidato 3 Bahasa, Baca Puisi Karya HAMKA, Tahfiz Qur'an 2 Juz, Vokal Group. Lomba jenjang SLTA/MA diantaranya Rangking 1, Debat PIK-R, Menulis Artikel Buya HAMKA.

"Ada sekitar 8 cabang lomba yang kita gelar dalam rentetan kegiatan festival HAMKA ini. Lomba-lomba tersebut berkaitan dengan Buya HAMKA, dan juga Muhammadiyah. Khusus Rangking 1 dan Debat PIK-R hanya untuk pelajar Padang Panjang" ujarnya.

Ditambahkannya bahwa saat ini undangan lomba tersebut sudah disebarkan melalui media sosial dan website Pondok Pesantren KAUMAN Muhammadiyah Padang Panjang. Untuk informasi terkait kegiatan tersebut sebutnya bisa diakses melalui link pendaftaran https://linktr.ee/hamkafestkauman2023

(JE) 
×
Kaba Nan Baru Update