Notification

×

Iklan

Iklan

Sebanyak 1.040 Peserta Meriahkan Festival Qasidah Antar Kelurahan

15 September 2023 | 21.15 WIB Last Updated 2023-09-16T01:18:14Z


Padang, pasbana --Menyambut Maulid Nabi 1445 Hijriyah, Wali Kota Padang Hendri Septa secara resmi membuka gelaran Festival Qasidah antar-kelurahan yang diikuti sebanyak 1.040 peserta di Galanggang Balai Kota Padang, Jumat, (15/9/2023).

Dalam sambutannya Hendri Septa menuturkan, festival ini juga bertujuan  melestarikan qasidah sebagai bagian memajukan kesenian. Pemko Padang akan terus memperbanyak iven serupa. 

"Selain melestarikan kesenian dan menyatukan masyarakat dalam satu tempat, iven ini tujuannya menggerakkan perekonomian. Dengan adanya iven, transaksi jual beli juga akan bergerak," ucapnya.

Ini terbukti dengan digelarnya beberapa iven sepanjang tahun 2023, sesuai arahan Pemerintah Provinsi sejak 2022 lalu. Salah satunya dengan gelaran Festival Muaro Padang pada April 2023 lalu. Kemudian gelaran HUT Kota Padang ke-353 yang juga berkesinambungan dengan HUT RI ke-78.

"Tentunya iven-iven seperti itu kita usahakan akan menjadi kegiatan rutin tahunan. Pastinya butuh dukungan semua pihak," tutur Hendri Septa.

Kemudian Kabag Kesra Pemko Padang Fuji Astomi menyampaikan acara Festival Qasidah antarkelurahan ini diikuti oleh 104 kelurahan yang ada di Kota Padang. Kegiatan ini, dibagi dengan dua kelompok kategori lomba. 

"Pertama, video qasidah yang sudah diikuti 104 kelurahan, ini merupakan penampilan qasidah bentuk video klip. Kemudian qasidah bershalawat, yang akan berlangsung 3 hari ke depan. Dari 104 kelurahan, setiap grup terdiri dari 10 peserta dan 3 official," sebut Fuji.

Hadir juga dalam pembukaan Festival itu, Kapolresta Padang Ferry Harahap, Kakemenag Padang Edy Oktaviandi, Ketua Pengadilan Agama Kelas I A yang diwakili Panitera Muda Gugatan H. Masrinedi, Asisten I Pemko Padang Edi Hasymi, dan jajaran pejabat OPD selingkungan Kota Padang. (Rel) 
×
Kaba Nan Baru Update