Notification

×

Iklan

Iklan

Melalui Program Desa Binaan, UNP Berikan Pelatihan Soft Skills Bagi Masyarakat Mentawai

16 Oktober 2023 | 08.30 WIB Last Updated 2023-10-17T02:54:22Z


Mentawai, pasbana - Universitas Negeri Padang (UNP) turut serta dalam menjalankan ketentuan perundang-undangan salah satunya dengan melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian masyarakat bertujuan untuk membantu masyarakat dalam beberapa aktivitas guna meningkatkan pegetahuan yang nantinya memberikan kontribusi pada kesejahteraan dan kemajuan masyarakat. 

UNP melalui melalui lembaga LPPM setiap tahunnya memfasilitasi dosen-dosen untuk melaksanakan pengabdian. 

Salah satu wilayah yang mendapatkan perhatian UNP pada program pengabdian yaitu Kepulauan Mentawai. Mentawai yang menjadi gugusan pulau terluar di bagian barat Pantai Sumatera Barat memiliki daya tarik yang mampu menghipnotis para pelancong.

Keindahan alam, keanekaragaman flora fauna, eksotik ombak, dan budaya yang terjaga menjadi aset Sumatera Barat yang harus dijaga. UNP melalui kegiatan pengabdian terus berkoordinasi dengan Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk mendukung peningkatan kualitas soft skills dan hard skills masyarakat.  

Prof Anton Komaini, S.Si., M.Pd selaku dosen UNP yang memiliki kecintaan terhadap daerah Mentawai terhitung telah 5 tahun melaksanakan pengabdian di Kepulauan Mentawai, 2 tahun terakhir pengabdian dilaksanakan di Kecamatan Sipora. 

Komunikasi yang baik dengan dinas setempat dan respon positif masyarakat membuat program pengabdian berjalan dengan lancar. Pada tanggal 11-14 Agustus 2023  Prof Anton Komaini, S.Si., M.Pd kembali melakukan pengabdian masyarakat dengan mengusung tema Pengembangan potensi wisata dengan cara Peningkatan Kemampuan Soft Skils Kelompok Sadar Wisata melalui pelatihan kesehatan, olahraga air, pemandu outbond,  dan branding wisata Mentawai melalui sosial media. 




Kegiatan PKM Terpadu dibuka oleh Penjabar Bupati Kepulauan Mentawai Bapak Fernando Jongguran Simanjuntak, S.St ,M.Pi dan dihadiri oleh Sekda, Asisten I, Asisten II, Asisten III, Kadis Parpora, Kepala Bappeda dan Kepala Desa Tua Pejat.
 
Kegiatan ini melibatkan 110 orang yang terdiri dri kelompok pemuda, dan pelajar. Terdapat 20orang tim yang memiliki latar belakang yag berbeda-beda diterjunkan untuk mensukseskan program ini. 

Pada sambutanya Prof Anton Komaini, S.Si., M.Pd menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah daerah kepulauan mentawai yang turut mendukung kesuksesan program pengabdian masyarakat yang diselenggarakan UNP. 

Beliau juga menyatakan bahwa memiliki ikatan yang kuat dengan Mentawai sehingga siap untuk membantu masyarakat Mentawai melalui program-program pengabdian pada tahun-tahun yang akan datang.  

Penjabar Bupati Kepulauan Mentawai Bapak Fernando Jongguran Simanjuntak, S.St ,M.Pi menyampaikan bahwa pemerintah daerah Kepulauan Mentawai membuka diri untuk berkolaborasi dengan UNP dalam upaya mengembangka Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Beberapa bentuk kegiatan yang dilakukan UNP telah terbukti secara nyata memberikan dampak bagi masyarakat. Bapak Fernando menyadari bahwa pengetahua sangat dibutuhkan untuk memajukan Mentawai, dengan terjalinnya kolaborasi antara UNP dengan pemerintah Kabupaten Mentawai diharapkan mampu mempercepat kemajuan Kepulauan Mentawai.(Nal)
×
Kaba Nan Baru Update