Notification

×

Iklan

Iklan

Gandeng Gerkatin, PPDI Padang Panjang Kembali Berbagi Ketrampilan Bahasa Isyarat

16 Oktober 2023 | 08.29 WIB Last Updated 2023-10-17T01:43:55Z


Padang Panjang, pasbana - Bertempat di Sekretariat DPC PPDI Padang Panjang Jalan Adam BB Kelurahan Balai Balai, DPC Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Padang Panjang kembali membuka Kelas Bahasa Isyarat.  Kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan  Gerakan Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Kota Padang Panjang, pada Minggu ( 15/10).

Kegiatan lanjutan kelas isyarat ini menghadirkan sahabat disabilitas rungu atau keterbtasan pendengaran, bicara serta  dihadiri terdiri pengurus PPDI  kota Padang Panjang kolaborasi, dan  ketua terpilih  Iqbal Syahputra.

Kelas isyarat ini sangat penting dalam usaha melestarikan bahasa isyarat sebagai bagian dari keragaman bahasa dan budaya. Kegiatan ini juga didorong karena masih adanya sahabat disabilitas rungu belum memahami bahasa isyarat. Dan diharapkan komunikasi dan belajar kembali isyarat International bisa seragam dan jelas komunikasi.




Pihak PPDI Padang Panjang, berharap  kedepannya kegiatan ini mendapat dukungan dari pihak pemerintah atau instans.   

"Partisipasi kegiatan ini karena pentingnya pelayanan bagi sahabat disabilitas tuli/ rungu /(keterbatasan pendengaran dan bicara." jelas M. Ilham, Sekretaris PPDI Padang Panjang.

Konvensi Hak-Hak Penyandang Disabilitas mengakui dan mempromosikan penggunaan bahasa isyarat. Hal ini memperjelas bahwa bahasa isyarat memiliki status yang sama dengan bahasa lisan dan mewajibkan negara-negara untuk memfasilitasi pembelajaran bahasa isyarat dan mempromosikan identitas linguistik komunitas rungu. 

"Mari kita dukung dan support kegiatan sosial bagi sahabat disabilitas agar bisa mandiri nantinya. Serta partisipasi baapk, ibu untuk bisa memberi pelayanan terbaik dan fasilitas untuk sahabat disabilitas kita kedepannya," pungkas Ilham. (pbn)
×
Kaba Nan Baru Update