Notification

×

Iklan

Iklan

Program Inseminasi Buatan Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan) Lebihi Target

04 Januari 2024 | 07.20 WIB Last Updated 2024-01-05T08:23:43Z



Agam, pasbana- Dinas Pertanian (Distan) Agam terus menggenjot populasi komoditas sapi dan kerbau lokal.

Sepanjang 2023, Inseminasi Buatan (IB) Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan) di wilayah setempat mencapai 6.543 ekor.

“Capaian IB memang harus ditingkatkan. Karena kebutuhan kita di Kabupaten Agam terhadap komoditas itu dari tahun ke tahun selalu meningkat,” ujar Kepala Distan Agam, Afniwirman, Rabu (3/1).

Afniwirman menjelaskan, capaian ini menandakan masyarakat mulai paham dengan pelaksanaan IB. Pihaknya meyakini, program IB dapat mengatur pengembangbiakan dan mencegah kawin sedarah pada komoditas betina (Inbreeding).

“Kalau dibiarkan pengembakbiakan secara alami, capaian target untuk swasembada komoditas ini tidak akan terpenuhi. Selain itu, keuntungan IB juga dapat mengatur kelahiran ternak dan mencegah terjadinya inbreeding,” terangnya.

Selain itu, pihaknya terus melakukan edukasi pada masyarakat agar ternak yang dikelola dapat dipantau secara berkala. Hal itu juga tidak terlepas dari pengawaaan pihaknya, sehingga masyarakat khususnya peternak dapat merasakan dampak positif.

“Tentunya, kami juga akan melakukan pengawasan di antaranya, peningkatan produktivitas, pengendalian penyakit hewan, reproduksi, penjaminan keamanan serta proses distribusi dan pemasaran,” katanya.

Untuk proses distribusi dan pemasaran, pihaknya juga telah memberi edukasi pada masyarakat untuk mengutamakan ternak lokal. Menurutnya, dengan proses tersebut dapat membantu dan meningkatkan perekonomian di daerah setempat.

“Di samping peternak sejahtera, kebutuhan masyarakat kita juga terpenuhi. Dengan tidak terpenuhinya komoditas ternak di wilayah kita, perputaran uang akan sampai keluar daerah dan itu tidak dapat menunjang perekonomian masyarakat setempat,” terangnya.

Afniwirman menyebut, pemerintah pusat menargetkan untuk penyaluran IB di Kabupaten Agam tahun 2023 sekitar 6.140 ekor sapi dan kerbau dengan anggaran Rp 220.425.000. Hal itu melebihi taget dengan realisasi sebanyak 6.543 ekor.

“Untuk sperma pejantan atau semen kami datangkan dari tiga balai inseminasi buatan (BIB) di antaranya, Tuah Sakato, Lembang dan Singosari. Selain itu, pusat menargetkan kelahiran sebanyak 3.700 ekor dengan jumlah realisasi sekitar 2.742 ekor,” ujarnya.(rel)
×
Kaba Nan Baru Update