Notification

×

Iklan

Iklan

Bawaslu Padang Panjang Gelar Apel Siaga, Siap Kawal Masa Tenang Pemilu 2024

11 Februari 2024 | 12.32 WIB Last Updated 2024-02-11T05:39:34Z


Padang Panjang, pasbana - Bawaslu Kota Padang Panjang menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024 Tahapan Masa Tenang di Lapangan Khatib Sulaiman Banca Laweh, Ahad (11/2). Apel ini diikuti oleh seluruh jajaran Bawaslu, Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan, dan Pengawas TPS se-Kota Padang Panjang.

Bertindak sebagai Pemimpin Apel, Penjabat Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, AP, M.Si. Dalam amanatnya, ia menyampaikan bahwa Apel Siaga ini menunjukkan kesiapan Bawaslu dalam mengawal setiap tahapan pelaksanaan pemilu untuk terciptanya pemilu 2024 yang jujur, adil, dan berkualitas.

"Masa tenang ini sangat krusial, karena selama tiga hari ke depan, tidak boleh ada publikasi apapun yang mengarah pada kepentingan kampanye, politik uang, dan berbagai kecurangan lainnya," tegas Sonny.

Ia juga mengingatkan bahwa setelah masa tenang, tahapan penting pemilu selanjutnya adalah pemungutan, perhitungan, dan rekapitulasi hasil suara. Ketelitian, kesabaran, dan pengetahuan regulasi yang komprehensif diperlukan untuk memastikan tahapan tersebut berjalan dengan baik dan demokratis.

"Kami menghimbau kepada Bawaslu untuk dapat mengawal masa tenang ini dengan sebaik-baiknya. Perkuat sinergi dan kolaborasi, tingkatkan pengawasan dan patroli, lakukan penindakan tegas, pastikan tidak ada aktivitas kampanye, tertibkan alat peraga kampanye, perbanyak sosialisasi, dan jaga netralitas," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Padang Panjang, Hidayatul Fajri, S.IP., menjelaskan bahwa Bawaslu akan terus membangun sinergitas dengan KPU dan pengawas TPS. Ia berharap semua pihak dapat bekerja sama untuk menjaga integritas proses demokrasi demi kepentingan bersama dan masa depan Kota Padang Panjang.

"Tugas yang kita emban saat ini bukanlah hal yang mudah, namun dengan kesatuan tekad dan dedikasi, kami yakin mampu menjalankannya dengan baik. Marilah kita bersama-sama menjaga integritas proses demokrasi ini," ajak Fajri.

Apel Siaga ini diakhiri dengan penyerahan rompi pengawas pemilu dari Pj Wako Sonny kepada Ketua Bawaslu Fajri dan pelepasan balon tanda dimulainya pengawasan masa tenang.

Hadir dalam apel tersebut, Kapolres Padang Panjang, AKBP Kartyana Widyarso Wardoyo Putro, SIK, MAP, Perwakilan Forkopimda lainnya, Camat dan Lurah se-Kota Padang Panjang, dan undangan lainnya. (bd) 
×
Kaba Nan Baru Update