Notification

×

Iklan

Iklan

Musywil XXIII IPM Sumatera Barat Selesai, Sailendra Nahkodai IPM Sumatera Barat

01 Februari 2024 | 07.56 WIB Last Updated 2024-02-01T05:37:43Z



Bukittinggi, pasbana - Musyawarah Wilayah XXIII IPM Sumatera Barat dilaksanakan pada tanggal 26-28 Januari 2024 di Kota Bukittinggi. 

Hari pertama Jum'at tanggal 26 Januari 2024, peserta Musywil IPM sudah mulai berdatangan, mulai dari Pasaman Barat, Pabasko, Padang Pariaman dan daerah lainnya.

Pukul 22.00 diagendakan Sidang Konpiwil Pra-Musywil, dengan pembahasa pada pleno 1 tentang Pembacaan Tatib Konpiwil Pra-Musywil namun sebelum pembahasan sidang Pleno 1 , forum mengusulkan dan menyepakati agar sidang di skorsing dengan alasan persiapan untuk pembukaan besok pagi.

Malam pasca sidang diskor, beberapa oknum mengambil spanduk kegiatan di panggung utama Arena Musywil, 

Besok harinya tanggal 27 Agustus 2024 pukul 09.00 WIB Pembukaan Musyawarah Wilayah XXIII IPM Sumatera Barat dilaksanakan di Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi.

Hadir dalam pembukaan tersebut, 
  • Gubernur Prov Sumatera Barat Ir. Nizar Muluk, M.Si., diwakili Kadis Naker Sumatera Barat
  • Wali Kota Bukittingggi : H.Erman Safar, S.H.
  • PW Muhammadiyah Sumatera Barat : Prof. Dr.H.Ismail Novel, M.Ag dan Drs. H. Marhadi Efendi, M.Si.
  • Jubir Kementerian Perdagangan : Febri Wahyuni Sabran, S.E, M.A
  • Bapak. Drs.H. Guspardi Gaus, M.Si. Anggota DPR RI Fraksi PAN
  • Kapolresta Bukittinggi atau  yang mewakili. 
  • Ketua Umum PW IPM Sumatera Barat : Rizky Aulia Rahman, S.H.
  • PD Muhammadiyah Bukittinggi Buya Gafnel, M.Pd.
  • Ketua MDMC Muhammadiyah Sumatera Barat : Portito, S.Pd.
  • Mudir Pondok Pesantren Al-Kautsar Muhammadiyah : Dafri Harweli, M.Pd.I
  • Ortom Tingkat Wilayah Sumatera Barat
  • Peserta Musyawarah Wilayah XXIII IPM Sumatera Barat.

Setelah pembukaan, sidang Pleno Konpiwil Pra-Musywil dilanjutkan Pukul 16.00 WIB, dengan pembahasan pada pleno 1 tentang  Pembacaan Tata tertib Konpiwil Pra-Musywil IPM Sumatera Barat, Pleno 2 tentang pembahasan tata tertib  Musywil XXIII IPM Sumatera Barat, Pleno 3 tentang menetapkan Piminan Sidang tetap Musyawarah Wilayah IPM XXIII IPM Sumatera Barat, sekaligus serah terima palu pimpinan sidang dari pimpinan sidang sementara kepada pimpinan sidang tetap.

Pleno 4 tentang laporan Panitia Pemilihan Wilayah, Pleno 5 tentang Penetapan Calon Formatur, pada pleno ini terdapat perbedaan perdapat dalam forum, satu pihak menginginkan para Calon formatur yang akan diluluskan sesuai dengan syarat yakni calon formatur adalah ia yang telah mengikuti Pelatihan Kader Taruna Melati (PKMTM 3) sejalan dengan hasil Konpiwil IPM Sumatera Barat pada Juni 2023 lalu di Kota Padang Panjang dan dikuatkan dengan surat Panitia Pemilihan Wilayah kepada Pimpinan Daerah IPM Se-Sumatera Barat untuk merekomendasikan Bakal Calon Formatur IPM pada Musywil kali ini.

Dari 17 Bakal calon sementara, terdapat 11 orang bakal calon yang telah memenuhi persyaratan mengikuti PKMTM 3, 5 orang PKMTM 2, dan 1 Orang PKMTM 1.

Namun pihak yang lain menginginkan semua Calon yang telah terdaftar menjadi Bakal Calon Formatur agar dapat diluluskan menjadi Calon Formatur tetap tanpa harus mengikuti syarat PKMTM 3. 

Pleno 5 berjalan lama, akhirnya diputuskan dalam forum 16 Orang calon formatur tetap dan 1 orang tidak memenuhi syarat karena tidak ada mengembalikan berkas a.n Tesha Amanda. 

Setelah sidang pleno 5 ditutup, pimpinan menskorsing sidang. 

Sidang pleno 6 dilanjutkan pada hari Ahad pukul 10.30 WIB pembahasan tentang Penetapan Daftar Pemilih Tetap, pada sidang ini terdapat perbedaan pendapat dalam forum tentang peserta yang belum melunasi Sumbangan Wajib Organisasi (SWO) dan Sumbangan Wajib Pribadi (SWP), peserta a.n Tsabit menyampaikan agar peserta yang belum melunasi SWP dan SWO tidak dapat menjadi peserta penuh Musywil, disamping itu peserta a.n Aya mengusulkan untuk membuka data Peserta mana daerah yang belum melunasi dan yang tidak agar dibuka didalam sidang.




Usulan peserta a.n Aya diterima, pimpinan sidang memanggil dan mempersilahkan Tim Verifikasi untuk menyampaikan data di hadapan forum, setelah data dibuka terdapat 7 Daerah yang telah melunasi SWO dan SWP, daerah tersebut adalah Bukittinggi, Agam, Pasaman Barat, Pabasko, Padang Pariaman, Kota Solok, Kab. Solok, dan 4 Daerah yang belum melunasi SWO  dan SWP yaitu PD IPM Kota Padang, Kota Payakumbuh, Kab.Sijunjung dan Kab. 50 Kota  dari penyampaian tim verifikasi tersebut peserta a.n Salma mengusulkan untuk memberi perpanjangan waktu kepada perwakilan yang belum melunasi SWO dan SWP , dan forum menyepakati untuk memberikan penambahan waktu selama 30 Menit.

Pada saat penambahan waktu ada 1 Daerah dan 6 Cabang yang melunasi Administrasi yaitu dari PD IPM Lima Puluh Kota dan 4 Cabang lainnya dari PD IPM Kota Solok. 

Setelah waktu penambahan habis, maka forum memutuskan jumlah peserta yang menjadi pemilih tetap sebanyak 92 Orang. 

Dan pada pleno 7 dibacakan keputusan Induk Konpiwil Pra-Musywil XXIII IPM Sumatera Barat. Dan Konpiwil Pra-Musywil ditutup.

Pada Ahad menjelang siang pukul 12.20 WIB Sidang Musyawarah Wilayah XXIII IPM Sumatera Barat dibuka oleh Pimpinan Sidang Faiz Akram, sekretaris sidang Hawa Dita Al Muqmin, Anggota sidang Ananda Putra Chaniago, dengan pembahasan pleno 1 tentang Pembacaan Tata tertib Musyawarah Wilayah XXIII IPM Sumatera Barat., Pleno 2 tentang Laporan Pertanggung Jawaban PW IPM Sumatera Barat Periode 2021-2023 yang disampaikan oleh Ketua Umum PW IPM Sumatera Barat Ipmawan Rizky Aulia Rahman., Pleno 3 yaitu Penyampaian Progres Report PD IPM Se-Sumatera Barat.

Pleno 4 tentang sidang komisi, peserta Musywil IPM Sumatera Barat dibagi menjadi 3 Komisi, Komisi A membahas tentang Kebijakan PW IPM Sumatera Barat, Komisi B tentang , dan komisii C tentang Rekomendasi.

Dilanjutkan dengan pleno ke 5 tentang Pemilihan Calon Fomatur, pemilihan dilakukan dengan sistem Formatur 9, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap sebanyak 92 Orang. 

Hasil pemilihan sebagai berikut : 
  1. Adib Khairillah Ramadhan : 87 Suara
  2. Faiz Akram : 85 Suara
  3. Hanifah Khairiyah : 86 Suara
  4. Ikram Abdillah : 86 Suara 
  5. Legita Amandani : 86
  6. Nofrialisa : 86
  7. Sailendra Gusnan : 87 Suara
  8. Salma : 86 Suara
  9. Tsabit Aqdamana Fil Haq : 86 Suara 
  10. Ani Afifah : 3 Suara
  11. Aidil Andriandas : 1 Suara
  12. Haris Maulana Irdiyawan : 1 Suara
  13. Muhammad Saputra : 1 Suara
  14. Dzafran Gunawan : 0 Suara
  15. Muhammad Faras Dzikra : 0 Suara
  16. Rayno Oktafiary : 0 Suara

Dari hasil pemilihan tersebut menghasilhan 9 Formatur terpilih PW IPM Sumatera Barat sebagai berikut :

1. Adib Khairillah Ramadhan 
2. Faiz Akram 
3. Hanifah Khairiyah
4. Ikram Abdillah 
5. Legita Amandani 
6. Nofrialisa 
7. Sailendra Gusnan 
8. Salma 
9. Tsabit Aqdamana Fil Haq

Setelah keluar 9 nama Formatur terpilih yang dipimpin oleh Ipmawan Sailendra Gusnan sebagai Ketua Tim Formatur, Ipmawan Adib Khairillah sebagai Sekretaris Formatur dan 7 Nama lainnya sebagai Anggota Tim Formatur, maka dilanjutkan dengan Sidang 9 Formatur.

Dari hasil Sidang Formatur tersebut memutuskan atas nama Ipmawan Sailendra Gusnan sebagai Ketua Umum , Ipmawati Salma sebagai Sekretaris Umum dan Ipmawan M. Ikram Abdillah sebagai Bendahara Umum,  yang dituliskan dalam Berita Acara Sidang Formatur dan ditandatangani oleh seluruh Tim Formatur.

Hasil Sidang Formatur disahkan oleh Pimpinan Sidang melalui Konsideran sidang pleno 6 tentang penetapan hasil sidang Sidang Formatur.

Ditutup dengan Pleno 7 yaitu pembacaan Keputusan Induk Musywil XXIII IPM Sumatera Barat.

Sidang Musywil XXIII IPM Sumatera Barat resmi ditutup oleh pimpinan sidang Faiz Akram dengan mengetuk palu sidang sebanyak 3 Kali.

Musywil XXIII IPM Sumatera Barat ditutup di Rumah Dinas Bupati Agam, hadir pada penutupan Bupati Kabupaten Agam Dr. H. Andri Warman, M.M., Ketua PD Muhammadiyah Bukittinggi Buya Gafnel, M.Pd., Ketua MUI Agam, Ketua PP IPM Fajri Syahiddinillah, Ketua Umum PW IPM Sumatera Barat Rizky Aulia Rahman, serta seluruh Peserta Musywil XXIII IPM Sumatera Barat.

Rizki selaku Ketua Umum sebelumnya menyampaikan selamat atas terpilihnya Sailendra dan berharap  semoga Sailendra beserta 8 formatur lain nya akan membawa ipm lebih baik kedepannya. 

Fajri Syahiddinillah Ketua PP IPM menuturkan semoga dengan terpilihnya ketua baru dapat membawa IPM lebih baik dan bisa berkolaborasi dengan pimpinan pusat


Bapak Gafnel Ketua PDM Bukittinggi  dalam sambutan ketika penutupan menuturkan dengan terpilihnya Sailendra sebagai nahkoda baru IPM Sumbar diharapkan melahirkan program-program  menarik untuk pelajaran se-sumatera Barat

Penutupan ini diakhiri dengan Gala Dinner bersama Bupati Agam, Serah terima Jabatan PW IPM Periode 2021-2023 kepada PW IPM Sumatera Barat Periode 2023-2025 dan Foto bersama. (TAF) 
×
Kaba Nan Baru Update