Notification

×

Iklan

Iklan

Lapas Suliki Patenkan Batik Tulis Motif Jeruji

23 Maret 2024 | 09.40 WIB Last Updated 2024-03-23T09:25:46Z


LimaPuluh Kota, pasbana - Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Suliki membuat Inovasi dalam pembinaan kemandirian yaitu pelatihan membatik bersama Batik Gambir Kabupaten Lima Puluh Kota. 

Pelatihan batik tulis diikuti oleh 20 Warga Binaan, dan langsung dimentori oleh owner batik gambir Erni Setiyaningsih.  

Kegiatan ini sekaligus Mengisi waktu luang selama Bulan Ramadhan dan menjelang Berbuka Puasa.

Motif batik tulis jeruji besi yang diciptakan di lapas suliki sudah terdaftar dalam legalitas Hak Ciptanya.

Membuat Batik Tulis memiliki manfaat melatih kesabaran dan ketelitian, secara tidak langsung mempengaruhi mental emosionalnya untuk stabil dan fokus dalam proses pengerjaan membatik. 

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Suliki, Kamesworo menjelaskan Ciri Khas yang diciptakan adalah motif Batik Jeruji besi. 

"Kita juga membuat motif karya sendiri yang bertemakan jeruji besi dan sudah mendapatkan legalitas Hak cipta" ucap kamesworo Kalapas Suliki. 

Kames menambahkan Pemilihan motif jeruji besi ciri khas dari lembaga pemasyarakatan yang lahir dan dibuat oleh para warga binaan, dan secara tidak langsung kita sampaikan pesan masyarakat agar tidak melanggar hukum dan sebagai pengingat menjadi warga negara yang taat aturan. 

James berharap Motif batik jeruji besi ini dapat diterima di masyarakat dan menjadi pilihan dalam mengenakan produk batik tulis serta untuk Warga binaan pelatihan ini bisa menjadi bekal mereka saat telah bebas nanti.

Berbagai produk batik tulis dihasilkan seperti sajadah, sarung, kain, syal serta kerudung, motifnya pun beragam berupa motif minangkabau, motif gambir dan motif jeruji besi serta kaligrafi. Makin tahu Indonesia.(Agung/rel) 
×
Kaba Nan Baru Update