Notification

×

Iklan

Iklan

Menelusuri Jejak Sejarah Kubuang Tigo Baleh: Dari Legenda Datuk Parpatih Nan Sabatang hingga Kearifan Lokal

20 Maret 2024 | 18.40 WIB Last Updated 2024-03-21T04:17:37Z


Solok, pasbana  - Kubuang Tigo Baleh, sebuah kawasan di Sumatera Barat yang menyimpan kekayaan sejarah dan budaya yang tak ternilai. Di balik keindahan alamnya, terukir kisah-kisah leluhur yang melegenda, seperti kisah Datuk Parpatih Nan Sabatang dan keunikan adat istiadat yang masih dilestarikan.

Menurut Tambo Minangkabau, Kubuang Tigo Baleh berasal dari kedatangan 73 orang dari Kubuang Agam ke daerah yang sekarang dikenal sebagai Kabupaten dan Kota Solok. 13 orang di antaranya menetap dan mendirikan nagari di Solok dan Selayo, sedangkan 60 orang lainnya melanjutkan perjalanan ke Lembah Gumanti, Surian, dan Muara Labuh.

Ketigabelas orang inilah yang menjadi cikal bakal nama Kubuang Tigo Baleh dan mendirikan nagari-nagari di sekitarnya. Solok dan Selayo kemudian dijuluki "Payung Sekaki" bagi nagari-nagari di kawasan tersebut.


Salah satu legenda yang terkenal di Kubuang Tigo Baleh adalah kisah Datuk Parpatih Nan Sabatang. Konon, tongkatnya yang ditancapkan di Aie Manjulua tumbuh menjadi pohon besar yang dikenal sebagai Kayu Gadang.

Kisah heroik lainnya adalah tentang persembunyian jenazah Datuk Parpatih Nan Sabatang. Masyarakat Selayo membuat kuburan samaran untuk mengelabui orang Silungkang yang ingin membawa jenazahnya.

Cerita ini melahirkan ungkapan "Aka Solok, Budi Selayo" yang menggambarkan ide dari Solok dan keramahan Selayo. Makam Datuk Parpatih Nan Sabatang, yang dulu dianggap keramat, kini menjadi situs sejarah yang dijaga dan dilestarikan.

Kubuang Tigo Baleh memiliki kekayaan budaya yang beragam, seperti tradisi turun ke sawah, panen, dan minta hujan yang masih dilakukan di makam Datuk Parpatih Nan Sabatang.

Balai Adat Selayo, yang dikenal sebagai Balai Nan Panjang Kubuang Tigo Baleh, menjadi pusat penyelesaian sengketa adat. Kearifan lokal dan tradisi ini menjadi bukti bahwa Kubuang Tigo Baleh adalah kawasan yang kaya akan budaya dan sejarah.

Bagi para pencinta sejarah dan budaya, Kubuang Tigo Baleh adalah destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Selain menjelajahi situs-situs sejarah, wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam dan keramahan masyarakat setempat.


Kubuang Tigo Baleh adalah kawasan yang menyimpan warisan budaya dan sejarah yang tak ternilai. Kisah-kisah leluhur, tradisi yang masih dilestarikan, dan kearifan lokal menjadikannya tempat yang istimewa untuk dikunjungi dan dipelajari. Makin tahu Indonesia. (bd)
×
Kaba Nan Baru Update