Notification

×

Iklan

Iklan

Padang Panjang Kokohkan Tahta Adipura, Raih Penghargaan ke-16 Kali Berturut-turut

05 Maret 2024 | 20.06 WIB Last Updated 2024-03-05T13:06:53Z


JAKARTA, pasbana – Kota Padang Panjang kembali mengukir prestasi gemilang dalam pengelolaan lingkungan hidup. Untuk ke-16 kalinya, kota di Sumatera Barat ini meraih penghargaan Adipura pada tahun 2023 untuk kategori Kota Kecil. 

Penghargaan bergengsi ini diterima langsung oleh Penjabat Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, pada Selasa (5/3) di Aula Gedung Manggala Wanabhakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Acara penyerahan penghargaan Adipura 2023 turut dimeriahkan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang membuka acara ini menegaskan pentingnya kepedulian terhadap lingkungan dan kebersihan di setiap daerah.

"Penghargaan Adipura 2023 menjadi representasi kesungguhan dalam mengatasi persoalan lingkungan, termasuk persoalan sampah dan ruang terbuka hijau," ujar Wapres Ma'ruf.

Ia berharap penghargaan ini dapat memicu semangat baru dalam mengatasi persoalan sampah di masing-masing wilayah, serta mendorong kota dan kabupaten untuk mampu bersaing secara global dalam pengelolaan lingkungan.



Sementara itu, Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan bahwa pada tahun 2023, KLHK telah melakukan pemantauan lapangan terhadap 259 kabupaten/kota se-Indonesia, atau sekitar 50,39 persen dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Selain Adipura Kencana sebagai penghargaan tertinggi, KLHK juga memberikan Anugerah Adipura kepada 106 kabupaten/kota yang mampu memberikan kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik pada 2023, salah satunya Kota Padang Panjang.

Pj. Wali Kota Sonny Budaya Putra mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas pencapaian Padang Panjang. "Alhamdulillah, dari 106 kabupaten/kota kategori kota kecil, kita berhasil mendapatkan penghargaan Adipura. Ini jelas sangat membanggakan," ujarnya.

Sonny menegaskan bahwa penghargaan ini menjadi wujud komitmen Pemerintah Kota Padang Panjang dalam menyelenggarakan pembangunan secara berkelanjutan dan berdampingan dengan lingkungan. 

"Penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus memberikan karya terbaik bagi Padang Panjang," tambahnya.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam menjaga lingkungan, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

"Karena jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita," pungkas Sonny.

Pencapaian Padang Panjang dalam meraih Adipura selama 16 tahun berturut-turut ini menjadi bukti nyata akan konsistensi dan upaya yang berkelanjutan dalam mewujudkan lingkungan hidup yang bersih dan lestari. 

Semoga prestasi ini dapat menginspirasi daerah lain untuk terus meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan demi masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. (Rel/hms) 
×
Kaba Nan Baru Update