PDGI Gelar Sikat Gigi Massal

Iklan Semua Halaman

PDGI Gelar Sikat Gigi Massal

21 March 2019

Limapuluh Kota - Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan anak serta mengintegrasikan kebiasaan baik kepada pelajar, bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi bersama ribuan murid siswa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Limapuluh Kota, menggelar sikat gigi masal di Lapangan Sepakbola Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kamis (21/3).

Kegiatan sikat gigi sehat ini digelar Persatuan Dokter Gigi Seluruh Indonesia (PDGI) Cabang Kota Payakumbuh-Kabupaten Limapuluh Kota bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat dalam rangka Hari Kesehatan Mulut Dunia tahun 2019 atau kick-off World Oral Health Day (WOHD) di Limapuluh Kota.

"Terimakasih kepada PDGI yang terus peduli terhadap kesehatan masyarakat di Limapuluh Kota, terutama kesehatan gigi masyarakat, karena kesehatan mulut merupakan kompenen yang penting terhadap kesehatan,"ujar Irfendi Arbi membuka kegiatan ini.

Untuk itu, melalui kegiatan ini dirinya sebagai kepala daerah mengajak seluruh peserta yang hadir agar selalu memperhatikan kesehatan mulut sejak dini, karena kesehatan mulut itu akan menimbulkan rasa kepercayaan diri yang tinggi terhadap pribadi masyarakat.

"Jika gigi kita sehat, bersih dan terjaga kita akan percaya diri tampil di depan umum, berbicara dengan orang banyak, untuk itu jagalah kesehatan mulut kita agar selalu bersih,"tambahnya.

Kesempatan ini, bupati juga meminta  kepada seluruh elemen masyarakat terutama Organisasi Profesi PDGI agar terus gencar mensosialisasikan kesehatan gigi dan mulut ke tengah-tengah masyarakat, khususnya terhadap pelajar. 

"Kalau perlu, guru-guru disekolah dan orang tua dirumah selalu rutin untuk mengingatkan anaknya menjalankan pola hidup sehat dan menjaga kondisi mulutnya agar selalu bersih,"ungkapnya.

Sementara itu laporan panitia penyelenggara, Ketua PDGI Payakumbuh-Limapuluh Kota, drg. Sulistiawati dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka peningkatan pengetahuan kepada pelajar terhadap gigi dan mulut mereka, dan meningkatkan peran orang tua dalam menjaga anaknya untuk terus menjaga kesehatan mulut.

"Ini peran pemerintah daerah dan organisasi profesi PDGI dalam menjaga kesehatan mulut para pelajar SD. Melalui perayaan hari kesehatan mulut dunia (WOHD) ini akan memberikan pemahaman pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini kepada masyarakat,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, kita mengintegrasikan Empat kebiasan baik kepada masyarakat dan pelajar, diantaranya rutin menyikat gigi pagi dan malam, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, wajib mengkonsumsi makanan bergizi dan meminum air bebas kuman.

"Mudahan-mudahan dengan demikian seluruh masyarakat di Limapuluh Kota dapat mengatur pola hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit,"pungkasnya. (BD)