Notification

×

Iklan

Iklan

Ratusan Hektar Lahan Di Pasaman Terbakar

22 Agustus 2016 | 10.34 WIB Last Updated 2016-08-22T03:35:35Z



Pasaman - Diduga akibat pembukaan atau pembakaran lahan oleh masyarakat, ratusan hektar hutan terbakar di Kecamatan Mapattunggul Selatan, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.
Dan karena cuaca panas dan angin kencang, api tidak terkendali sehingga semakin meluas.

Tim pemadam kebakaran yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman, TNI dan Polri pagi ini kembali melanjutkan pemadaman api di ‎Jorong Koto Panjang Kecamatan Mapattunggul Selatan Kabupaten Pasaman, Sumbar, Senin pagi 22 Agustus 2016.

Kepala BPBD Pasaman, Sayuti Pohan mengatakan titik api masih terdapat di daerah hutan Kampung Koto Panjang Kecamatan Mapattunggul Selatan.

"Hingga saat ini api masih aktif. Kita merasa kewalahan dan sulit memadamkan api di lokasi tersebut, karena daerah yang terbakar tidak dapat dilalui kendaraan bermotor, baik roda 4 maupun 2 " kata Sayuti Pohan ."Tim baru berhasil memadamkan api di Jorong Bangkok Kecamatan Mapattunggul Selatan dini hari tadi" tambahnya.

"Diperkirakan lahan yang terbakar ratusan hektar, kita belum mendapatkan berapa luasnya yang pasti,"  sebutnya.

Hingga saat ini lahan dan hutan yang terbakar sudah lebih dari 100 hektar di Jorong Bangkok dan Jorong Koto Panjang Kecamatan Mapattunggul Selatan. Dari pengamatan dan pelaporan yang diterima dinyatakan belum korban jiwa.

Dijelaskan Pohan, tim akan memadamkan api ‎dengan cara-cara manual seperti menggunakan ember, namun pihaknya tetap membawa mesin portabel. "Kita berharap di dekat lokasi TKP ada sumber air yang bisa digunakan" sebutnya.( Budi)

×
Berita Terbaru Update