Notification

×

Iklan

Iklan

UNIT RESPON CEPAT KESEHATAN HEWAN DI - LAUNCHING, AYO MANFAATKAN LAYANANNYA !

17 Januari 2017 | 18:35 WIB Last Updated 2017-01-17T16:29:29Z

Padang Panjang - Target pelayanan yang optimal kepada masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan hewan khususnya penyakit hewan menular, terus dilaksanakan oleh Dinas Pangan Dan Pertanian Kota Padang Panjang. Peningkatan peran Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan hewan di masyarakat menjadi sangat krusial.

Untuk mendukung kinerja dan efektivitas dalam pelayanan tersebut,  URC atau Unit Respon Cepat Kesehatan Hewan secara resmi  di - launching oleh Kepala Dinas Pangan Dan Pertanian Kota Padang Panjang, Ibu Ade Nafrita Anas, SP, MP pada hari Selasa ( 17/01).


Unit Respon Cepat Kesehatan Hewan merupakan tim yang  dibentuk oleh Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang untuk memberikan pelayanan dan perlindungan yang lebih optimal kepada masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan hewan khususnya penyakit hewan menular bersifat zoonosis. Seperti Rabies dan Avian Influenza/Flu Burung.

URC ini dibawah kendali langsung UPTD. Pusat Kesehatan Hewan Kota Padang Panjang . Dan akan bertugas untuk menerima setiap laporan masyarakat seperti kematian unggas, gigitan anjing Rabies atau laporan anjing liar yang meresahkan warga melalui Call Center Puskeswan . " Setiap laporan yang masuk akan direspon  selambat-lambatnya 30 menit setelah laporan masuk, " jelas drh. Indra selaku koordinator URC .



Disamping itu, URC juga melaksanakan kegiatan aktif  pelayanan kesehatan hewan  di setiap Kelurahan se- kota Padang Panjang. Pelayanan ini dilaksanakan dengan jadwal secara berkala. Adapun kegiatan pelayanan yang diberikan meliputi pengobatan hewan atau ternak, vaksinasi rabies, penyuluhan, pembinaan kelompok tani ternak, penanganan gangguan reproduksi ternak, dan kegiatan surveilance penyakit hewan.

Dan kegiatan pelayanan kesehatan hewan ini juga merupakan tindaklanjut dari Perda No 11 tahun 2011 tentang Rabies, dan Kesejahteraan hewan.

Acara launching Unit Respon Cepat ( URC ) Kesehatan Hewan  pada Selasa (17/01) ini , ditandai dengan diresmikannya kendaraan operasional Unit Respon Cepat (URC) Kesehatan Hewan oleh Ibu Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang , Ade Nafrita Anas, SP, MP.  Dan dilanjutkan dengan kegiatan Vaksinasi dan Penangkapan Hewan Penular Rabies (HPR) oleh tim Dinas Pangan dan Pertanian dan tim UPTD Puskeswan Kota Padang Panjang di wilayah Kelurahan Koto Panjang, Balai-Balai, dan Tanah Hitam.


Dalam aksi URC kali ini, nampak ikut serta beberapa mahasiswa dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh yang sedang melakukan magang dan Koas di UPTD Puskeswan PadangPanjang.

Kadis Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang , Ade Nafrita Anas, SP, MP berharap dengan dimulainya pengoperasian kendaraan URC Kesehatan Hewan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan peternakan dan kesehatan hewan oleh tim URC kepada masyarakat. Dan tujuan mewujudkan Kesehatan hewan untuk kesejahteraan manusia dapat terealisasi dengan baik.


" Kepada masyarakat Kota Padang Panjang diharapkan untuk melaporkan segera apabila ada kejadian wabah penyakit hewan menular seperti gigitan anjing liar, kematian ayam/unggas mendadak atau anjing liar yang meresahkan warga untu segera menghubungi call center UPTD Pusat Kesehatan Hewan  pada nomor 0823 9231 2116 , " pungkas Ibu Ade Nafrita Anas, SP, MP.

Inyong Budi