Notification

×

Iklan

Iklan

BUPATI : IDUL ADHA MOMENTUM TINGKATKAN KETAQWAAN

01 September 2017 | 16.44 WIB Last Updated 2017-09-01T09:45:01Z


Tanah Datar -- Ribuan kaum muslim di sekitar Kota Batusangkar memadati lapangan Cindua Mato guna melaksanakan ibadah sunah shalat Idul Adha 1438 Hijriah, Jum'at 1 September 2017 yang bertepatan 10 Dzulhijjah 1438 H.

Gelaran ibadah shalat Idul Adha dihadiri Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Wabup Zuldafri Darma, DPRD Tanah Datar, Forkopimda, Kepala BUMN/BUMD, kepala SKPD, Ketua TP PKK dan instansi vertikal lainnya.

Sebelum pelaksanaan shalat, Wabup Zuldafri Darma selaku Ketua PHBI Tanah Datar menyampaikan, di Tanah Datar pelaksanaan Idul Adha sesuai dengan yang ditetapkan Pemerintah Pusat. "Kita sepakat Idul adha jatuhnya hari ini dan insya allah yang bertindak sebagai khatib Buya Syamsul Arifin yang juga Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar dan khatib Tri Purna Jeri yang merupakan Qori Tanah Datar" sampainya.

Kemudian Zuldafri menyampaikan, kas PHBI Tanah Datar sampai keadaan sekarang berjumlah Rp.102.586.800, ditambah saldo pandam pakuburan Rp.45.591.662,-  "Alhamdulillah, kegiatan operasional seperti biaya pelaksanaan shalat Idul Fitri, sadaqah untuk anak panti dan beli perlengkapan lainnya, kas PHBI mencukupi, namun tidak ada salahnya hari ini para jamaah juga menyumbangkan hartanya berupa sadaqah dan wakaf" sampai Wabup.

Wabup menambahkan dan berharap kepada jamaah yang memadati lapangan cindua mato untuk mendoakan sanak saudara atau jamaah haji asal Tanah Datar untuk memperoleh haji mabrur. "Tahun ini ada 307 jamaah haji kita yang berangkat ke Tanah Suci dan Alhamdulillah berita sampai hari ini semua sehat wal afiat, semoga tahun depan dan selanjutnya kita bisa menyusul, namun tentu harus bersabar karen daftar tunggu kita berjumlah 4.596 orang dan pemberangkatan diperkirakan sampai tahun 2033"  tukas Zulfafri.

Di kesempatan selanjutnya Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Adha 1438 H. "Selamat hari raya Idul Adha 1438 H dan terima kasih kepada PHBI serta Polres dan Satpol PP serta instansi lainnya yang telah mensukseskan sehingga acara ini bisa berlangsung aman dan tertib penuh kekhusyukan" sampai Bupati.

Ditambahkan Irdinansyah, pada hari ini ada dua peristiwa penting yang menggambarkan betapa agung dan besarnya Islam. "Peristiwa penting pertama berjuta kaum muslimin sedang berkumpul di Mina untuk beribadah kepada Allah SWT dalam rangkaian ibadah haji dimana disana manusia berada dalam tingkatan yang sama tanpa dibedakan pangkat dan jabatan, Kedua adalah dimana saja di belahan bumi, masyarakat berduyun-duyun meramaikan masjid maupun lapangan untuk shalat sunah Idul Adha" sampainya.

Karena itu ujar Bupati, mari jadikan perayaan Idul Adha sebagai momentum bagi kita meningkatkan ketaatan, kepatuhan dan iman kepada Allah SWT. "Hari raya Idul Adha dikenal juga dengan hari raya kurban, dimana masyarakat yang mampu berkorban akan membagikan daging kurbannya kepada masyarakat kurang mampu sehingga bisa merasakan nikmatnya makan daging sapi ataupun kambing dan ini merupakan kegiatan peningkatan ketaqwaan kepada Allah SWT, tuhan semesta alam" terang Irdinansyah.

Diakhir sambutannya Bupati Irdinansyah menyampaikan beberapa agenda besar yang akan dilaksanakan di Tanah Datar dan ia meminta dukungan dari semua pihak serta masyarakat untuk turut mensukseskan. "Tanggal 13 ini kita akan laksanakan Pilwana serentak, pesta demokrasi ini kita kawal, jaga dan sukseskan bersama, kemudian 23 Oktober akan ada Wakaf 1000 hafizh di Istano Pagaruyung, MTQ Nasional Tingkat Propinsi di Kota Pariaman serta Tour de Singkarak di pertengahan November datang, kita dukung bersama demi marwah luhak nan tuo" pungkas Bupati.

Setelah shalat Idul Adha masyarakat diundang untuk berbuka bersama di rumah dinas Bupati di Indojolito dan rumah dinas Wabup di Malana. Tampak ratusan masyarakat menikmati hidangan sate, bakso dan hidangan lainnya  selepas bersalaman sebagai bentuk memperkuat ikatan silaturrahmi. (Hadi P/dvd)
×
Kaba Nan Baru Update