Notification

×

Iklan

Iklan

Samba Lado Cangkuak Jadi Viral ! Ini Keistimewaannya...

26 November 2017 | 20.49 WIB Last Updated 2022-07-01T01:59:52Z
Samba Lado Cangkuak ( Foto: Istimewa)
PASBANA.com — Tetiba Samba Cangkuak menjadi viral ! Usut punya usut ternyata berawal dari ide "spektakuler" dari Pemko Padang Panjang untuk memecahkan rekor MURI dengan mengadakan masak bareng Samba Cangkuak sebanyak 1227 Tungku.

Acara yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota yang Ke 227  ini jadi spesial , karena berkaitan dengan urusan " Sumatera Tengah".


Untuk Anda yang masih awam dan belum mengenal lebih dekat apa itu " Cangkuak" ?  Kali ini, PASBANA.com mencoba mengulas tentang salah satu kuliner Minangkabau ini.

Sebagai informasi juga, Samba lado cangkuak,  sebagai makanan khas tradisional  telah diusulkan masuk Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia. Ide tersebut disampaikan oleh Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumbar, Suarman, di sebuah acara "Baretong di Hari Tarang", di Kelurahan Sigando Nagari Gunung, Kota Padang Panjang, 6 Agustus 2017 lalu.

Samba lado Cangkuak ada yang spesifik dalam proses pembuatannya. Yaitu menggunakan bahan baku air tajin ( air rebusan beras saat menanak nasi).


Berbahan Dasar Air Tajin Yang Kaya Manfaat 

Menurut pakar kuliner Minangkabau sekaligus dosen program studi Ilmu Tata Boga di Universitas Negeri Padang (UNP), Asmar Yulastri air tajin sedari dahulu sudah digunakan oleh masyarakat wilayah Sumatra Barat. Seperti di daerah Nusantara lainnya, air tajin pada zaman dahulu digunakan sebagai pengganti susu bagi bayi dan anak- anak karena kondisi ekonomi yang sulit.

Namun dibalik itu, akhirnya masyarakat menyadari bahwa air tajin mengandung manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan yang ada dalam air tajin di antaranya adalah enzim, mineral, antioksidan, serta vitamin B dan E. Selain itu ada mikro selenium yang sangat bermanfaat untuk tubuh, khususnya bayi.

Selain baik bagi bayi dan anak-anak, air tajin juga sangat bermanfaat bagi orang dewasa. Formula dalam air tajin bisa membantu mengobati diabetes serta tekanan darah tinggi. Belum lagi, air ini bisa membantu memproduksi antibodi, yang menjaga sistem imunitas atau kekebalan dalam tubuh manusia.

Air tajin juga membantu menurunkan berat badan. Air tajin terbukti dapat memberi rasa kenyang, namun dengan jumlah karbohidrat yang lebih sedikit. Karena itu, orang-orang yang tengah menjalani program diet, bisa mencoba mengkonsumsi air tajin sebagai pengganti asupan karbohidrat.

Dicampur dengan air tajin

Termasuk ibu hamil yang rutin mengonsumsi air tajin dapat membuat anak dalam kandungannya terhindar dari autisme karena dalam air tajin terkandung zat penetral dari segala macam zat berbahaya.

Tak heran, orang-orang di banyak daerah di Minangkabau semakin sering mengonsumsinya. Bahkan, tak hanya bayi dan anak-anak, namun juga orang dewasa. Di beberapa Rumah Makan dan Restoran Minangkabau juga sering terhidang menu masakan Samba Cangkuak yang berbahan dasar Air Tajin.

Sejak zaman dahulu, memang orang- orang di Minangkabau meyakini air tajin memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan terlebih untuk anak bayi, jika sang ibu merasa kekurangan asi. Di zaman kini, penelitian mengungkapkan banyaknya nutrisi di dalam air tajin .

Salah satu kandungan dalam air tajin yang manfaatnya begitu terasa adalah adanya vitamin B1. Vitamin ini terdapat dalam lapisan terluar beras yang belum disosoh atau masih mengandung kulit ari. Selain menghasilkan energi, orang mengonsumsi air tajin bisa terjaga fungsi jantungnya serta meningkatkan fungsi otak, yang sangat baik untuk bayi dan anak-anak.

Samba Cangkuak Dan Keprihatinan Hidup Di Masa Lalu


Mengkonsumsi samba Cangkuak sebenarnya sudah biasa bagi masyarakat Minang ,  khususnya  masyarakat di wilayah Darek atau daerah asli Minangkabau yaitu Tanah Datar, Agam, dan Limapuluah Koto , dan itu sesuatu yang sudah lazim. Sambalado ini kini kerap menjadi pilihan mereka yang ingin mengurangi konsumsi minyak.

Awalnya hanya masyarakat di wilayah Darek, yang membuat sambalado cangkuak. Zaman dahulu, mereka biasa memasak nasi dengan menggunakan periuk dan saat nasi masak, sambal tersebut juga siap disajikan.


Dan samba Cangkuak lahir dari keterbatasan ketersediaan pangan yang dialami masyarakat Minangkabau di masa lalu. Kala itu masyarakat memanfaatkan hasil tanam pekarangan rumah, diantaranya berupa tanaman bawang, kentang, tomat dan lainnya. 

Dengan memanfaatkan air tajin ditambah hasil tanaman yang ada di pekarangan, selain menghemat biaya hidup sehari-hari, seorang ibu di Minangkabau juga telah memberikan gizi yang baik bagi keluarganya.

Anda penasaran dengan pengolahan air tajin menjadi Samba Cangkuak yang lezat. Berikut bahan-bahan dan cara memasak samba lado Cangkuak ;

SAMBALADO CANGKUAK 

Bahan:

- Cabai giling
- Bawang merah,bawang putih secukupnya, diiris
- Tomat diiris
- Daun kunyit
- Air tajin.

Cara membuat :

1. Memasak beras. Lebihkan air, agar Anda bisa mendapatkan air tajin yang cukup setidaknya gunakan 500 ml air.
Setelah itu, masukan air tajin dalam mangkuk tahan panas seperti dari bahan stainless. 

2. Campurkan semua bahan yang sudah disiapkan ke dalam air tajin, aduk.

3. Masukkan kembali dalam periuk, tempat Anda memasak nasi. Pastikan, api dalam ukuran kecil dan tunggu hingga menjadi nasi yang sempurna.

Untuk membuat tajin bisa menggunakan rice cooker, yang penting takar air lebih banyak agar air tajin bisa dihasilkan, kemudian lakukan seperti tahapan membuat sambalado cangkuak dengan periuk. 

Catatan :

Bila  suka terkadang sambal cangkuak menggunakan daun jeruk, asam kandis, sesuai selera. Ada juga yang menambahkan teri medan, kerupuk jangek (kerupuk kulit), kentang.

Bila menginginkan rasa yang lebih gurih, seluruh bahan ditumis sebentar dengan sedikit minyak kelapa, baru kemudian dimasukkan ke dalam mangkuk air tajin untuk kemudian dilanjutkan prosesnya dalam rice cooker atau periuk. Jadi Makin Tahu Indonesia.
(Diolah dari berbagai sumber / bd)



×
Kaba Nan Baru Update