Notification

×

Iklan

Iklan

MA KMM Kauman Padangpanjang Periksa Hasil Ujian Menggunakan Android

24 Mei 2018 | 17.39 WIB Last Updated 2018-05-24T10:39:25Z


Padangpanjang – Biasanya, setiap ujian sekolah, lembar jawaban diperiksa menggunakan scanner atau manual. Namun, lain hal dengan MA KMM Kauman Padangpanjang yang telah menerapkan periksa ujian berbasis android dengan menggunakan aplikasi ZipGrade.com, Kamis (24/5).

Metode tersebut baru pertama kali diterapkan oleh sekolah di Kota Padangpanjang. Dan sebelum menerapkan aplikasi tersebut, seluruh Majelis Guru MA KMM Kauman diberikan pelatihan mengenai pemakaian aplikasi android itu sendiri.

Kepala MA KMM Kauman Derliana, MA menjelaskan, jika selama ini memeriksa ujian menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK) sekarang mencoba menerapkannya menggunakan Lembar Jawaban Android (LJA).

“Sempat menjadi keraguan dalam menggunakan aplikasi berbasis android ini, tetapi berkat keingintahuan yang kuat serta ingin mendapatkan inovasi baru, kita coba melakukannya,” jelas Derliana.



Derliana mengatakan, banyak keuntungan yang di dapat saat memeriksa lembar jawaban menggunakan android. Biasanya, LJK diperiksa menggunakan scanner atau manual membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasilnya, sementara dengan LJA hanya membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 menit.

“Selama ini sekolah banyak mengalami kesulitan dalam memeriksa LJK karena tidak tersedianya mesin scanner, dan sekarang dengan adanya LJA ini sangat memberi kemudahan bagi guru dalam memeriksa hasilnya pun memuaskan karena kita bisa menganalisis jawaban siswa yang salah dan yang benar dengan cepat,” papar Derliana.

Senada dengan itu, Wakil Kurikulum Ustadz Taufik Hidayat, MA bersamaan dengan salah satu tim pengajar Meri Astuti, S.Pd, menambahkan, penerapan LJA yang tergolong baru di Padangpanjang ini merupakan tahap awal, namun ini sudah menjadi kebanggaan bagi MA KMM.

“Kita berharap ini bisa bertahan dan bisa juga jadi contoh bagi sekolah lain, meskipun kita juga belajar dari orang lain,” harapnya. (Delma)
×
Kaba Nan Baru Update