Notification

×

Iklan

Iklan

Tanah Datar Raih Peringkat 5 Dalam Pelaksanaan UNBK Tingkat SMP Se-Sumbar

24 Mei 2018 | 18.07 WIB Last Updated 2018-11-17T05:46:56Z
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar Abrar



Tanah Datar - Hasil Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 telah dirilis. Untuk tahun ini, Kabupaten Tanah Datar memperoleh peringkat yang cukup menggembirakan. Pelaksanaan Ujian Nasional dilaksanakan berbasis komputer (UNBK) dan berbasis kertas dan pensil (UNKP).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar Abrar melalui rilisnya, Rabu (23/05) menyampaikan hasil UNBK untuk SMP, Kabupaten Tanah Datar berada pada posisi 5 dari 18 Kabupaten/Kota se Sumatera Barat atau posisi 1 di antara kabupaten yang ada, dengan total nilai 226,73. Untuk peringkat 1 sampai 4 secara berturut-turut, Kota Padang, Kota Bukittingi, Kota Payakumbuh dan Kota Padang Panjang.

Sementara UNKP untuk SMP, Tanah Datar meraih posisi ketiga dengan total nilai 205,39, di bawah Kota Padang dan Kabupaten Mentawai.

UNBK untuk MTs, Tanah Datar juga berada di posisi 5 kabupaten/kota atau posisi 2 dari kabupaten yang ada di Sumatera Barat dengan total nilai 228,35. Secara berturut-turut peringkat 1 sampai 4, Kota Padang Panjang, Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Pasaman.

Sementara UNKP untuk MTs, terbaik 2 dengan total nilai 209,03 di bawah Kota Padang yang mencapai total nilai 249,09. Sementara di posisi 3 diraih Kabupaten Agam dengan nilai 203,30.

Di kesempatan itu, Kadis Dikbud Abrar menyampaikan, selamat kepada seluruh peserta UN SMP/MTs yang telah menyelesaikan Ujian Nasional dengan baik, juga ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran dinas Dikbud, kepala sekolah, majelis guru, komite dan orang tua yang telah mendukung kemajuan dunia pendidikan di Tanah Datar,” ungkap Abrar.

Ditambahkannya, peningkatan prestasi ini berkat komitmen dan kerja keras pemerintah daerah bersama unsur terkait, membangun kualitas pendidikan di Tanah Datar menjadi lebih baik sesuai dengan prioritas pembangunan kulaitas SDM masyarakat Tanah Datar.

“Alhamdulillah kita naik peringkat, namun apa yang kita raih tidak boleh berpuas diri, harus kita tingkatkan lebih baik lagi,” ujarnya.

Abrar juga sampaikan pemerintah Kabupaten Tanah Datar mempunyai komitmen terhadap peningkatan kualitas pelaksanaan UN dengan terus berupaya pelaksanaan UNBK bisa dilaksanakan di seluruh Tanah Datar.

Hal senada disampaikan Wakil Bupati Zuldafri Darma saat melakukan monitoring pelaksanaan UN di SMP 3 Batusangkar beberapa waktu lalu.

“Terkait kebutuhan komputer untuk pelaksanaan UNBK, kita akan upayakan melalui anggaran yang tersedia serta menggali peluang yang ada di Kementerian, Provinsi dan sumbangan alumni, dan ini juga bisa dimanfaatkan untuk peningkatan kemampuan IT peserta didik, yang akan bermuara nantinya mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Tanah Datar,” sebut Zuldafri. (Hp/put)
×
Kaba Nan Baru Update