Notification

×

Iklan

Iklan

Kemeriahan Rang Koto Gadang Baralek Gadang

23 Juni 2018 | 09.54 WIB Last Updated 2018-06-24T12:32:28Z

Agam - Masyarakat Nagari Koto Gadang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam beserta perantau sukses menggelar acara Pulang Basamo pada Ahad-Selasa yang lalu ( 17-19 Juni 2018. red). Acara yang disaksikan oleh ratusan warga tersebut berpusat di Halaman Balairung Nagari Koto Gadang.

Pulang Basamo adalah event rutin Nagari Koto Gadang yang diselenggarakan dua tahun sekali. Dan tahun ini adalah edisi yang ke-12 sejak pertama kali diadakannya.
Pada edisi kali ini panitia mengangkat kegiatan-kegiatan yang sangat variatif. 

Mulai dari Lomba Pidato Adat, Lomba Tambua Tansa, Lomba Tahfizh dan Adzan, Qatam Qur'an, Lomba Talempong, Sepakbola lacah-lacah, Mancing Mania, dan pertunjukan orgen tunggal. Acara puncak pada pelaksanaan Pulang Basamo ini adalah Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Keluarga Koto Gadang Maninjau (IKKGM) yang dilaksanakan pada hari kedua.


Gusmardi selaku ketua panitia pelaksana menuturkan bahwa perhelatan Pulang Basamo di Nagari Koto Gadang salah satu yang terbaik di Kabupaten Agam. Hal itu dikarenakan sebagian besar Pulang Basamo di Nagari lain masih bersifat sponstanitas saja, beda halnya dengan yang dilaksanakan di Koto Gadang yang terkoordinir dilaksanakan sebanyak dua tahun sekali.

"Kami dari panitia berharap semoga kegiatan ini bisa menjadi hiburan bagi masyarakat kampung dan perantau yang pulang kampung tahun ini kemudian menimbulkan semangat untuk bersinergi membangun kampung halaman. 

Selanjutnya karna satu-satunya Pulang Basamo yang terjadwal di Kabupaten Agam kami juga berharap ini menjadi catatan khusus bagi Pemda untuk difaslitasi pada pelaksanaan Pulang Basamo periode berikutnya". ujar pria yang juga aktif di KONI dan PERBAKIN Agam ini.(Rio)


×
Kaba Nan Baru Update