Notification

×

Iklan

Iklan

Bunga Langka Rhizanthes Lowii Ditemukan di Agam

19 Juli 2018 | 22:30 WIB Last Updated 2018-07-19T15:30:14Z
Bunga Rhizanthes Lowii ( foto : BKSDA Agam )


Agam  - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam kembali temukan bunga langka. Kali ini jenis Rhizanthes Lowii, tumbuhan bunga langka yang masuk dalam famili Rafflesiaceae atau masih 1 suku dengan bunga Rafflesia.

Kepala Resor BKSDA Agam, Syahrial didampingi Unit PEH Ade Putra mengatakan, tumbuhan langka tersebut ditemukan di Kampung Kubu Gadang, jorong Panji, nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten agam, Selasa (17/72018).

Penemuan bunga tersebut bermula saat masyarakat setempat hendak melakukan gotong royong melakukan pembukaan jalan baru di sekitar lokasi. Warga yang menemukan tumbuhan langka tersebut langsung memberitahukan kepada petugas BKSDA Resor Agam dan petugas memantau bunga tersebut Kamis, (19/7/2018).

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di lokasi ditemukan kuncup atau knop tumbuhan ini sebanyak 13 buah dengan ukuran berdiameter bervariasi dan sudah ada yang melewati fase mekar.
Diameter terbesar yang ditemukan di lokasi ini adalah 32 cm dalam kondisi sudah mulai membusuk. 

"Tumbuhan parasit ini memiliki kemiripan karakter fisik yang sama dengan dengan bunga Rafflesia yaitu tidak memiliki batang, akar, daun dan klorofil sehingga tumbuhan ini tidak dapat melakukan fotosintesis tetapi bergantung kepada inangnya.

Dijelaskannya bunga langka itu biasa hidup di daerah dengan diketinggian 500-1300 mdpl dan untuk di pulau Sumatera khususnya provinsi Sumatera Barat tumbuhan ini ditemukan sebanyak 3 (tiga) jenis yaitu Rhizanthes deceptor, Rhizanthes Lowii dan Rhizanthes Infanticida.

"Kerusakan habitatnya akibat telah membuat keberadaan Rhinzanthes diambang kepunahan. Rhizanthes masuk dalam daftar CITES (Convention on International Trade in Endengered Species of Wild Flora and Fauna)," tutupnya.
Bersama pemerintah nagari, pihaknya sudah menghimbau masyarakat agar tidak merusak dan mengubah habitat bunga tersebut.(ril / covesia.com)