Notification

×

Iklan

Iklan

TdS 2018 Resmi Diluncurkan, Daerah Diminta Maksimalkan Promosi Potensi Daerah

23 Oktober 2018 | 19.38 WIB Last Updated 2018-10-23T12:38:01Z

Jakarta -- Kementerian Pariwisata bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat meluncurkan iven Tour de Singkarak (TdS) di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin malam (22/10).

Dalam peluncuran itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta daerah yang dilewati pebalap memaksimalkan promosi dari kelebihan daerah masing-masing.

"Saya imbau rekan-rekan yang dilewati rute TdS pada 16 Kabupaten/Kota untuk mempromosikan masing-masing daerahnya, terutama destinasi wisatanya dengan mengadakan iven-iven kebudayaan atau hal lainnya," ungkapnya.

Menurut Arif, penyelenggaraan TdS memberikan dampak langsung pada ekonomi masyarakat serta media value yang tinggi dan memberikan dampak positif terhadap promosi wisata Sumbar secara Nasional maupun Internasional. Iven tahunan ini juga berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan ke Indonesia, Sumbar khususnya.

Kemudian, TdS merupakan salah satu event unggulan Indonesia khususnya dalam olahraga, kultur dan wisata dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) ke Sumbar.

"Tahun 2017, jumlah wisman yang berkunjung ke Sumbar sebanyak 56.313 dan wisnus sebanyak 6,5 juta," ujarnya.

Dijelaskannya, peluncuran TdS 2018 merupakan perpaduan antara promosi wisata dan olahraga dan akan berlangsung dari 4-11 Oktober 2018 dengan melintasi 16 kabupaten/kota sepanjang 1.276 Km dan mengambil start dari Bukittinggi serta berakhir di Kota Pariaman. Terakhir disampaikannya, TdS diakui oleh Amouri Sport Organization (ASO) dan Union Cycliste Internasional (UCI) sebagai iven balap sepeda dengan jumlah penonton terbanyak ke-5 di dunia.

Sementara itu, Wagub Sumbar Nasrul Abit menjelaskan, sampai hari ini sebanyak 15 tim dari mancanegara dan 5 tim Nasional dari 26 negara sudah mendaftarkan untuk mengikuti TdS yang ke-10 kalinya ini. "Untuk pebalap papan atas yang sudah mengkonfirmasi keikutsertaannya adalah Iran. Namun kita yakin pebalap atau tim yang ikut tahun lalu juga akan ikut pada tahun ini," sebutnya.

Wagub berharap dengan TdS ini Sumbar semakin dikenal secara Internasional karena akan memancing kedatangkan banyak wisman. TdS tahun ini mengangkat tema "One Decade For All" dengan total hadiah sebesar 2,3 Miliar dan akan melaui 8 etape.

"Tahun 2018, kita perkirakan wisnus yang akan berkunjung ke Sumbar sekitar 9 juta dan wisman sekitar 60 ribu, jadi ada peningkatan terus sekitar 18-20 persen setiap tahunnya," tutupnya.(rel)
×
Kaba Nan Baru Update