Notification

×

Iklan

Iklan

Dinilai Berprestasi , Polres Solok Kota Menjadi Referensi Penelitian Untuk Pembangunan Zona Integritas

23 Februari 2019 | 14.36 WIB Last Updated 2019-02-23T11:33:27Z

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan S.Ik., M.H. mendampingi Tim Peneliti yang datang berkunjung ke Polresta Solok Kota ( foto : Nal )

Solok --- Setelah menerima studi tiru pembangunan Zona Integritas (ZI) dari Pengadilan Agama Kota Solok, Badan Pertanahan Kota Solok, Kecamatan Kubung Kab Solok serta kunjungan dari guru besar Univeritas Negeri Padang, kali ini Polres Solok Kota menjadi objek penelitian tim peneliti gabungan Kemenpan RB RI dan akademisi dari Universitas Indonesia dan Universitas Brawijaya, Jumat (22/2).

Akademisi dari Universitas Indonesia Eko Sakapurnama S. Psi., MBA didampingi akademisi dari Universitas Brawijaya Oscar Radyan Danar, Ph.D dan staf Kemenpan RB RI  mengatakan bahwa tim sedang melakukan penelitian terkait success story atau best practice pembangunan ZI di unit-unit kerja Kementerian Dan Lembaga seluruh Indonesia.

Penelitian dilakukan dalam rangka mengkaji keberhasilan unit kerja dalam membangun ZI agar dapat menjadi inspirasi elemen bangsa menuju Indonesia yang lebih baik.

Tim Peneliti meninjau Program Monitoring Pengawalan Online

Setibanya di Polres Solok Kota, Tim Peneliti didampingi Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan S.Ik., M.H., rombongan melihat ruang-ruang pelayanan, standar pelayanan, fasilitas pendukung, inovasi pelayanan dan berinteraksi langsung dengan masyarakat yang sedang mengikuti proses pelayanan.

Selanjutnya Tim Peneliti diajak berdiskusi di aula Polres Solok Kota dengan ketua dan operator program pembangunan ZI dengan format acara yang dikemas tidak formal sehingga dapat menampung banyak informasi bagi Tim Peneliti.

Selain tahapan pembangunan ZI, diskusi diwarnai pembahasan mengenai upaya perubahan pola pikir dan budaya kerja dalam pembangunan ZI yang dinilai sangat sulit, penuh pengorbanan dan sebagai titik awal dalam pembangunan ZI.

Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan. S.I.K ,.M.H  menguraikan langkah-langkah perubahan pola pikir dan budaya kerja dengan pendekatan keagamaan, role model dan pengawasan melekat. 

Dony  juga memberikan buku karangannya kepada Tim yang berjudul “Membangun Zona Integritas : Tantangan Dan Peluang Menuju Polri Yang Dicintai Masyarakat“.

“Semoga buku ini dapat dijadikan rujukan bagi Tim Peneliti, buku ini sengaja disiapkan mengingat minimnya referensi berupa buku dan agar nantinya pengetahuan tentang pembangunan ZI dapat berkembang tidak hanya pada tataran praktis tapi juga akademis“, ujar Dony

Dony menjawab pertanyaan Tim Peneliti  terkait perubahan pola pikir dan budaya kerja. “Dari mana mulainya ? Mulainya dari pimpinanya, ini pilihan hidup yang sulit, berkomitmen dengan diri sendiri, baru pelan-pelan mengkomunikasikannya dengan seluruh personel“.

AKBP Dony Setiawan menambahkan “Sulit untuk mengajak personel untuk ikhlas berubah, kalau saya sendiri dinilai personil tidak berkomitmen“. 

Dalam diskusi juga Kapolres mempersilahkan personel untuk ikut menceritakan pendapat dan pengalamannya kepada Tim Peneliti secara bergantian.

Tim Peneliti merespon informasi yang diperoleh dengan kajian-kajian teoritis yang memberikan inspirasi baru bagi seluruh personel yang hadir.

Tim meninjau Pelayanan SIM Keliling di SMKN 1 Solok

Pada kesempatan itu, Kapolres juga menyempatkan diri untuk menunjukkan bagaimana Polres Solok Kota memanfaatkan media sosial tidak hanya sebagai sarana untuk mempromosikan layanan tapi merespon kebutuhan masyarakat, menghargai komentar masyarakat dan mencoba untuk tidak lagi kaku berbahasa dengan masyarakat.

Setelah itu, Kapolres mengajak tim melihat Satuan Sabhara Polres Solok Kota mendemokan inovasi terbaru yang belum dilaunching yaitu pengawalan online yaitu pengajuan permohononan pengawalan secara online.

Dan khusus perbankan proses monitoring pengawalan juga dilakukan secara online juga dengan bantuan CCTV dan GPS dalam mobil pengawalan.

Selanjutnya Kapolres Solok Kota mengajak Tim Peneliti untuk meninjau proses pelayanan SIM keliling di SMKN 1 Kota Solok dan memberikan kesempatan kepada Tim untuk melihat proses pelayanan dan respon dari siswa dan guru(nal)
×
Kaba Nan Baru Update