Notification

×

Iklan

Iklan

Tuai Banyak Kritikan, Ratusan Wisatawan China Akhirnya Tiba Di Sumbar

26 Januari 2020 | 13.55 WIB Last Updated 2020-01-26T06:55:38Z

Padang,  Pasbana - Meski terima banyak kritikan,  ratusan wisatawan Negeri Tirai Bambu tiba di Bandara Internasional Minangkabau pada Minggu (26/1/2020).
Pesawat yang membawa wisatawan asal Kota Kunming Provinsi Yunan China tersebut mendarat sampai di BIM sekitar 06.45 WIB.

Mereka dijadwalkan melakukan tur ke berbagai daerah di Sumbar selama lima hari hingga 30 Januari 2020.

Kedatangan mereka disambut oleh tari pasambahan, tari tradisional Minangkabau yang dimaksudkan sebagai ucapan selamat datang dan ungkapan rasa hormat kepada tamu yang baru saja sampai, di pintu "Kedatangan Internasional".

Kedatangan mereka disambut juga oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Di dalam sambutannya, Irwan menyampaikan selamat datang kepada wisatawan yang datang.

Dia berharap tamu yang datang bisa menikmati kunjungan mereka di Sumbar.

"Selamat berlibur di Sumbar dan sampaikan pesan kami kepada kawan-kawan kami di Kunming untuk datang kembali," ujarnya.

Setelah acara penyambutan usai turis asing tersebut segera menaiki bus pariwisata.
Erwin Xandra selaku salah seorang staf Coco's Tour Indonesia, perusahaan bidang biro perjalanan yang mendatangkan wisatawan asal Negeri Tirai Bambu ke Padang, mengatakan bahwa para wisatawan hari ini akan berkunjung ke Pariaman untuk melihat Pantai Gandoriah dan Sekolah Tinggi Ilmu Beruk. Mereka akan berkunjung di berbagai daerah di Sumbar selama lima hari sampai 30 Januari 2020.

Pihak perusahaan menjamin turis asal Cina yang datang ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) tidak terpapar dari virus corona.

"Jadi, tamu kalau mau berangkat dari bandara internasional mana pun di negara mana pun, ada pihak KKP, pihak yang bertanggung-jawab mengecek kesehatan dari semua penumpang. Dari Cina, mereka melewati screening juga, baru boleh masuk ke dalam imigrasi, lewat beacukai, baru naik pesawat. Jadi, tamu yang telah melewati proses screening, sudah bisa dipastikan sehat secara fisik dan bisa berwisata," jelasnya.

Sekda Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Alwis menyatakan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Sumbar menjamin wisatawan Negeri Tirai Bambu yang datang berkunjung ke Sumbar bebas dari virus corona.

"Kita Sumbar tentu memiliki kepentingan terhadap pariwisata kita. Barangkali ini merupakan potensi untuk menggali, meningkatkan pendapatan daerah Provinsi Sumbar," jelasnya saat diwawancarai oleh wartawan sebelum kedatangan wisatawan China di BIM.

Alwis mengatakan bahwa Pemda Sumbar tidak memiliki alasan untuk menghalangi kedatangan wisatawan Negeri Tirai Bambu tersebut ke Sumbar. "Yang jelas mereka tentu sudah melewati SOP tersendiri," ujarnya.

Dia menegaskan wisatawan China asal Kota Kunming tersebut telah melewati proses screening dan pengecekan kesehatan. Sehingga wisatawan tersebut bisa dijamin tidak terpapar virus corona yang menyebar di negaranya.

Kata Alwis, pihak BIM juga akan melakukan screening dan pengecekan kesehatan para wisatawan yang datang.
Tambahannya pula adanya fakta bahwa Kota Kunming berjarak 1.200 kilometer dari Provinsi Wuhan, tempat virus tersebut awalnya tersebar. (Ril/bd)
×
Kaba Nan Baru Update