Notification

×

Iklan

Iklan

15 Santri Capai Hafalan 30 Juz, Derliana: Ini Pencapaian Luar Biasa

26 Maret 2022 | 20.51 WIB Last Updated 2022-03-26T13:51:35Z


Padang Panjang, pasbana.com -- Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang sukses gelar wisuda haflah Tahfiz Qur'an ke 11. Bertempat di halaman Kauman Padang Panjang kegiatan yang dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Padang Panjang ini, mengangkat tema Menyemai Benih-benih Kecintaan Pada Al Qur'an, Panduan Untuk Hidup Berkemajuan, Sabtu (26/03).

Derliana selaku Mudir Pondok Pesantren Kauman, Dr. Derliana, M.A dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini ada peningkatan peserta wisuda Tahfiz berjumlah 121 santri yang terdiri dari santri MTs dan MA.

"Wisuda tahfiz kali ini mengalami peningkatan secara kualitas dan kuantitas. Ada sekitar 15 santri yang berhasil mencapai 30 Juz hafalan. Jumlah ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya 8 santri mencapai 30 juz. Kedepannya kami akan terus bersinergi dan berinovasi terus agar tujuan Pondok melahirkan hafid dan hafidzah terealisasikan dengan baik," ungkapnya.



Kepada wali santri yang hadir beliau berharap agar selalu memberikan dukungan kepada santri, agar lebih semangat dalam mempelajari Al-Qur'an meskipun sudah menyelesaikan pendidikannya di Pondok Pesantren.

"Ini adalah pencapaian luar biasa bagi kita semuanya. Tapi pencapaian luar biasa ini tidak ada artinya jika nantinya santri kita tidak didampingi dan didorong motivasinya oleh keluarga dalam menjaga hafalannya. Untuk itu kami berharap ayah bunda selalu mengupayakan bagaimana hafalan anak kita tetap terjaga dengan baik," harapnya.

Sementara itu Wakil Walikota Padang Panjang Drs. Asrul sebagai perwakilan dari pihak pemerintahan kota dalam sambutannya mengucapkan selamat dan menyampaikan apresiasi kepada anak-anak yang hari ini melaksanakan khatam Tahfiz.



"Atas nama pemerintah kota kami memberikan apresiasi kepada umi dan ustadz Pondok Pesantren Kauman Padang Panjang yang telah mengajarkan kepada santri, melanjutkan tradisi Rasulullah SAW dalam melahirkan generasi penghafal Al Qur'an," katanya.

Selanjutnya beliau juga memaparkan bahwa  pemerintah senantiasa mendorong terlaksananya program-program keagamaan karena hal ini sejalan dengan visi pemerintahan untuk menjadikan kota Padang Panjang sebagai kota yang bermarwah dan bermartabat.



Dikesempatan itu juga disampaikan kepada seluruh hadirin yang hadir bahwa Pemerintah Kota Padang Panjang telah menyetujui untuk menyalurkan bantuan dana kepada Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah sebanyak 300juta rupiah. 

"Insya Allah akan kami salurkan sebelum Ramadhan ini. Alhamdulillah telah disetujui bantuan untuk Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah sebanyak 300juta," terangnya.

Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan ketat itu juga dihadiri oleh Pimpinan wilayah Muhammadiyah Sumatra Barat, Kemenag kota Padang Panjang, Kejaksaan Negri kota Padang Panjang, perwakilan Secata B, serta dari pihak Polres Kota Padang Panjang. (JED) 
×
Kaba Nan Baru Update