Notification

×

Iklan

Iklan

MA KMM Padang Panjang Laksanakan Ujian Madrasah Berbasis Komputer, Derliana: Ini Sudah Berjalan Tiga Tahun

16 Maret 2022 | 11.07 WIB Last Updated 2022-03-16T04:07:27Z

Padang Panjang, pasbana.com - Madrasah Aliyah Kulliyatul Muballighien Muhammadiyah (MA KMM) Padang Panjang kembali laksanakan Ujian Madrasah Berbasis Komputer. Bertempat di Aula Buya HAMKA kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Mudir Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah, Dr. Derliana, MA. Rabu, (16/03/ 2022).


Dalam pembukaannya, Derliana menyampaikan Ujian Madrasah Berbasis Komputer ini adalah tahun ketiga pelaksanaannya di lingkungan Pondok Pesantren.


"Ini adalah tahun ketiga kita laksanakan ujiannya. Tahun pertama dan kedua kita mengalami beberapa kendala, tapi tahun ini persiapannya lebih matang. Mulai dari unit komputer yang telah kita tambah, jaringan yang telah kita perkuat serta kualitas aplikasi yang benar-benar bagus dari tahun sebelumnya," ungkapnya.




Derliana juga menyampaikan bahwa pelaksanaan ujian berbasis komputer merupakan bentuk konstribusi madrasah dalam menciptakan iklim pendidikan yang berkemajuan.


“Ini adalah salah satu bukti madrasah sudah siap menjadi pelaku utama dalam kiprah kehidupan digital di Indonesia. Membentuk generasi cerdas berkemajuan merupakan tugas utama madrasah. Kami akan terus menggalakkan pengaplikasian digitalisasi di lingkungan Pondok Pesantren, baik itu MTs maupun MA nya.  Memberikan fasilitas yang representatif untuk para santri terus kami lakukan agar kenyamanan dan keamanan belajar di sini terpenuhi," ungkapnya.


Sejalan dengan itu ketua panitia ujian madrasah yang juga wakil bidang akademik, Meri Astuty menyampaikan bahwa ada dua labor yang dipersiapkan untuk ujian madrasah tahun ini.




"Ada dua labor komputer kami persiapkan untuk pelaksanaan ujian ini. Satu labor mencakup 20 komputer. Ujian kita juga ada dua jenis, untuk mata pelajaran umum kami gunakan komputer dengan aplikasi yang telah dibuat sebaik mungkin. Untuk mata pelajaran khusus kami laksanakan ujian berbasis kertas dan pensil," katanya.


Selanjutnya disampaikan sebagai salah satu komponen penting penentu kelulusan siswa tingkat akhir madrasah, UMBK kali ini diikuti oleh 77 peserta yang terbagi dalam tiga jurusan, yakni IPA, IPS, dan ITT/Keagamaan. Pelaksanaan ujian yang menerapkan protokol kesehatan ini akan berlangsung dari tanggal 16-24 Maret 2022. (JED)

×
Kaba Nan Baru Update