Notification

×

Iklan

Iklan

Untuk Maksimalkan Layanan kepada Masyarakat, Bumnag Usaha Mandiri Nagari Guguak Sarai Anggarkan sebesar 300 Juta Rupiah

16 Maret 2022 | 10.17 WIB Last Updated 2022-03-16T03:22:00Z


Solok, Pasbana.com,- Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) Usaha Mandiri Guguak Sarai resmi dilaunching Selasa, (15/3) di nagari setempat.

Direktur Bumnag Usaha Mandiri Guguak Sarai Nofri Juliandra dalam  laporannya  mengatakan bahwa Bumnag Usaha Mandiri saat ini mendapat anggaran dana dari Pemerintahan Nagari sebesar 300 juta rupiah. 

Dengan dana tersebut  baru dapat mengadakan dua item usaha, yaitu pengadaan pupuk bersubsidi bagi para petani, dan pelayanan jasa angkutan  truk pembawa material bahan bangunan dan galian C.

Namun demikian, lanjut Nofri Juliandra kedepannya kita akan tetap menambah usaha lain yang dibutuhkan masyarakat.

" Usaha tersebut seperti pengadaan alat tulis kantor dan menyediakan Mesin Photo Copy agar masyarakat serta dua sekolah Dasar yang ada di Nagari Guguak Sarai tidak perlu lagi jauh jauh kalau ingin membeli Alat Tulis Kantor atau photo Copy nantinya," sebut Andra.



Sementara itu Wali Nagari Guguak Sarai Darwin Dt Endah Bungsu dalam sambutannya mengatakan pembentukan Bumnag ini bertujuan untuk membantu masyarakat dan Petani, terutama sekali dalam pengadaan pupuk bersubsidi

Hal itu dikarenakan selama ini para petani kadang- kadang kesulitan dalam mencari pupuk bersubsidi dengan harga yang terjangkau, bahkan harus menempuh jarak yang jauh dan membutuhkan biaya transportasi tambahan.

" Sekarang ini dengan beroperasinya Bumnag Usaha Mandiri ini masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh dalam mencari pupuk dan sudah bisa mendapatkan dengan harga murah karena pupuk bersubsidi Sudah disediakan oleh Bumnag Nagari Guguak Sarai Serta Jasa angkutan Tranportasi untuk material bangunan," sebutnya.

Darwin Walinagari Guguak Sarai menyampaikan  Pemerintahan Nagari saat ini menganggarkan dana desa  300 juta rupiah, namun  masih belum maksimal dan akan terus dianggarkan untuk lebih banyak kedepannya karena tahun ini kita juga harus menganggarkan untuk BLT unruk Masyarakat kita serta  dalam Masa Pandemi Covid -19.

" Kalau untuk berusaha kita perlu dana tanpa dana yang cukup kita tidak akan dapat bergerak maksimal, tanpa dana Kita mendirikan usaha itu omong kosong, Sama dengan Sibisu barasian tegas Walinagari Kepada Pasbana.com, kalau kita menggagarkan dana desa untuk Bumnag  lebih kecil atau kurang dari 50 juta, apa usaha yang bisa kita kembangkan. Untuk operasional saja sudah habis apa lagi untuk pengembangan bumnag Kedepannya, akibatnya bumnag bisa Jalan ditempat bahkan Merugi ,"terangnya . 

Darwin juga mengharapkan agar masyarakat dapat mendukung dan memanfaatkan keberadaan Bumnag ini dengan baik. 

" Bumnag ini milik Masyarakat dan keuntungan yang di dapat pun akan di manfaatkan untuk kepentingan masyarakat juga,, "ungkapnya.



Senada dengan itu, Ketua BPN Guguak Sarai Jumaidi Zainal. A Katik Marajo juga mendukung penuh keberadaan Bumnag Usaha Mandiri ini dan mengajak masyarakat untuk dapat mendukung keberadaan Bumnag ini. 

" Ini adalah Usaha Milik Masyarakat Nagari Guguak Sarai dan akan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat itu sendiri tanpa dukungan dan support kita bersama mustahil Usaha ini akan berkembang, " jelasnya.

Camat IX Koto Sungai Lasi Muspian dalam arahannya mengajak masyarakat Nagari Guguak Sarai  untuk sama-sama mendukung dan  membesarkan Bumnag ini, karena ini sesuai dengan Instruksi Pemerintah Pusat serta  Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021 (PP 11 Tahun 2021) Tentang Badan Usaha Milik Desa. 

" Kita di Nagari harus Mendirikan Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) yang  kalau di Jawa atau di daerah lain disebut Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), " ujarnya.

Muspian juga menyampaikan di Kecamatan IX Koto Sungai Lasi ini semua Nagari sudah mendirikan Bumnag, namun ada juga yang masih berjalan di tempat dan bahkan ada yang sudah dibentuk pengurusnya tapi belum beroperasi.

" Hanya ada beberapa Bumnag yang Eksis dan sudah beroperasi dikecamatam IX Koto Sungai Lasi  Seperti diNagari Pianggu dan Guguak Sarai ini,"terang Muspian . 

Muspian berharap kedepannya Bumnag ini dapat berjalan dengan baik Seperti yang kita harapkan bersama  agar ada manfaatnya bagi masyarakat di Nagari khususnya dan di Kecamatan pada umumnya bahkan kita di Kecamatan pun sudah berencana untuk mendirikan Bumnag bersama yang akan kita bentuk melalui UPK PNPM yang sudah berjalan selama ini.

" Nantinya Bumnag bersama ini akan menjadi aset berharga untuk masyarakat di Kecamatan IX Koto Sungai Lasi maka peran serta dan sumbangsih dari para Wali Nagari yang ada di Kecamatan IX Koto Sungai Lasi sangat diharapkan," tutupnya.

Launching Bumnag Usaha Mandiri Guguak Sarai ini dihadiri Muspika IX Koto Sungai Lasi, TAPD Kabupaten Solok Yusrizal, Ketua BPN Jumaidi Zainal. A Katik Marajo beserta Anggota, Pendamping Desa Ade Putra, Babinsa, bhabinkamtibmas, Para tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.(Nal)
×
Berita Terbaru Update