Notification

×

Iklan

Iklan

Berikut 7 Ungkapan Tentang Pentingnya Teman dalam Berbagai Bahasa

20 Juli 2022 | 09.33 WIB Last Updated 2022-07-20T02:34:30Z
foto: pexels


pasbanaBerteman adalah kebutuhan setiap kita dalam menjalani kehidupan. Karena manusia pada hakikatnya adalah mahluk sosial yang membutuhkan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi satu sama lain.

 

Nilai yang terdapat dalam pertemanan adalah adanya kecenderungan untuk menginginkan apa yang terbaik bagi satu sama lain. Tumbuhnya rasa simpati dan empati. Dan adanya kejujuran dalam memberikan pendapat, barangkali dalam keadaan-keadaan yang sulit bagi orang lain untuk mengucapkan kebenaran. Dan tumbuhnya rasa saling pengertian. Inilah latar belakang kenapa setiap kita membutuhkan teman dalam kehidupan kita.

 

Dan kebutuhan untuk berteman adalah kebutuhan seluruh manusia di dunia ini. Hal ini ditunjukkan dengan adanya banyak ungkapan arti penting teman yang disampaikan dalam beragam Bahasa baik Bahasa daerah di Indonesia maupun Bahasa asing negara lain.

 

Berikut ungkapan-ungkapan arti penting yang tersampaikan dalam berbagai Bahasa;

 

1.    Ungkapan arti teman dari Rusia

 

"Ne imey sto rubley, a imey sto druzey"

(jangan miliki seratus rubel milikilah seratus teman).

 

 

Orang Rusia menilai pertemanan dengan sangat serius. Karena itu, ada beberapa cara untuk menggambarkan hubungan keakraban dalam lingkaran pertemanan, tergantung pada tingkat kedekatan dan situasi.

Meski agak tertutup dengan orang asing, mereka adalah orang-orang yang hangat, pengertian, dan setia kepada orang-orang terdekat mereka. Orang Rusia tak mencari kawan sebagai teman mengobrol sesaat. Banyak orang Rusia bahkan tetap berhubungan dengan teman-teman sekelas mereka, meski sudah puluhan tahun berlalu.

 

2.    Ungkapan arti teman dari Indonesia

 

"1000 teman terasa kurang, 1 musuh itu kebanyakan."

Intinya bahwa sebagai manusia kita amat membutuhkan orang lain sebagai teman. Teman sebagai tempat berkeluh kesah atau berbagi duka dan bahagia. Dalam berbagai pengalaman hidup dinyatakan bahwa adanya teman akan mempermudah hidup. Hal ini juga tak lepas dari ciri khas masyarakat Indonesia yang gemar bersosialisasi alias berkumpul dan bergaul dengan pihak lain.

 

Satu musuh serasa terlalu banyak. Musuh berarti orang yang bertentangan dengan kita dan tidak bisa mencari solusi bersama. Intinya, setiap perbedaan yang tidak bisa diminimalisir, akan menjadikan banyak kendala dan permasalahan bagi kita. 

Kalo teman punya musuh ya baiknya ditemenin.

 

 

3.    Ungkapan arti teman bahasa Portugal
 

 "Não precisa se preocupar, os verdadeiros amigos não se vão."

 Jangan khawatir, memiliki teman sejati itu tidaklah sia-sia.

Memiliki teman yang baik sama artinya dengan berbagi kebahagiaan dengan sesama. Teman yang baik dapat memberikan dukungan positif saat Anda menghadapi situasi yang sulit. Dan bisa mencegah Anda dari perasaan kesepian. Itulah mengapa, beruntunglah Anda yang memiliki teman dalam kehidupan Anda.

 

 

4.    Ungkapan atau pepatah arti teman Bahasa Minang

 

Nan buto paambuih lasuang

Nan pakak palapeh badia

Nan lumpuah paunyi rumah

Nan kuaik pambaok baban

Nan binguang disuruah-suruah

Nan cadiak lawan barundiang

 

Tak ada teman yang tidak berguna. Semua teman sebenarnya berguna semua bagi kehidupan kita. Bahkan teman yang memiliki karakter yang tidak sempurna pun bisa menjadi berguna bagi hidup kita.

 

Asalkan kita bisa memposisikan teman kita itu sesuai dengan kondisi dan karakternya. Maka setiap teman bisa tidak merugikan diri kita. Tidak jadi toxic bagi hidup kita.

 

 

5.    Ungkapan arti teman bahasa Inggris

 "If you can survive 11 days in cramped quarters with a friend and come out laughing, your friendship is the real deal."

(Jika kamu bisa bertahan 11 hari di tempat sempit dengan seorang teman dan keluar dalam keadaan tertawa, persahabatanmu benar-benar sejati)

Teman yang sejati adalah teman yang bisa berjalan seiring dalam suka dan duka Bersama kita. Baik dalam kondisi lapang maupun sempit. Jika semua kondisi bisa kita lalui Bersama teman kita, layaklah ia menyandang sebagai teman sejati kita.

 

 

6.    Ungkapan arti teman dalam Bahasa Arab

 

Khoirul ashab man yaduhulluka alal khoir

Artinya: Sebaik-baik teman itu ialah yang menunjukkan kamu kepada kebaikan

 

Teman yang baik adalah teman yang mengajak kepada kebaikan. Bahkan kegagalan seseorang dalam mewujudkan cita-cita dan mimpinya bisa disebabkan karena salah memilih teman. Teman bisa mempengaruhi kita untuk menjadi lebih baik dan bisa sebaliknya bisa lebih buruk.

 

 

Mawaddatush shodieqi tadzharu waktadh dhieq

Artinya: Kecintaan seorang teman itu, akan tampak pada waktu kesempitan

 

Dan ketika seorang teman bisa membersamai kita hingga bisa melalui masa sulit secara bersama, maka bisa kita simpulkan arti kecintaan teman terhadap kita.

 


7.    Ungkapan arti teman dalam Bahasa China

 

Xuéhuì bù guài biérén, xuéhuì duō zūnzhòng biérén, yīnwèi wǒmen xūyào biérén.

 

"Belajarlah untuk tidak menyalahkan orang lain, belajarlah untuk lebih menghargai orang lain, karena kita butuh orang lain."

 

Keberadan teman dalam kehidupan kita sangat penting. Hidup dalam lingkungan sosial ini mengharuskan kita untuk berbaur dengan bermacam-macam orang dengan berbagai jenis kepribadian. Kita dituntut untuk bisa berlaku bijak dalam menjaga sikap dan perilaku dalam sebuah lingkungan sosial.

 

Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kesalahpahaman dan ketidaksengajaan dalam menyakiti hati seseorang. Dengan menjaga sikap dan perilaku, menjadikan kita lebih mudah untuk diterima di dalam lingkungan kita. ( dihimpun dari berbagai sumber)

 

 

 

 

×
Berita Terbaru Update