Notification

×

Iklan

Iklan

Silek Lintau Hadir Dalam Festival Olahraga Tradisional di Surakarta

28 Agustus 2022 | 17.51 WIB Last Updated 2022-08-28T10:51:55Z
Foto: via IG @adipatifozan


Tanah Datar, pasbana – Sebanyak 16 orang siswa  SMAN 2 Lintau Buo mewakili Kabupaten Tanah Datar dan Provinsi Sumatera Barat pada kegiatan Festival Olahraga Tradisional tingkat nasional tahun 2022 yang di Surakarta, Provinsi Jawa Tengah yang berlangsung dari tanggal 26-29 Agustus 2022.

Sebanyak 16 orang perwakilan tersebut akan menampilkan silek Lintau yang dipadukan dengan tarian tari piring dan permainan tradisional sipak rago.

Yang mana silat atau silek dalam bahasa Minang merupakan olahraga beladiri yang diwariskan secara turun-temurun. Silat Lintau diambil dari nama daerah di Luhak Tanah Datar.

Sementara sipak rago merupakan permainan tradisional anak nagari yang dimainkan oleh sembilan pemain menggunakan bola yang terbuat dari rotan. Permainan ini biasanya dilakukan dengan mambentuk lingkaran dengan diameter 4,5 meter.

Kepala Bidang Olahraga Tanah Datar Ismail di Batusangkar pada hari Jumat, (26/8/2022), mengharapkan SMAN 2 Lintau Buo bisa menampilkan yang terbaik pada acara tersebut.

 “Kita sudah siapkan secara maksimal dan telah dilakukan pemantauan lapangan saat pelatihan. Harapan kita semoga menjadi yang terbaik, “ kata Ismail.

Ismail melanjutkan, berdasarkan Surat Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Nomor : BO.03.00/4.21.8.D-ITI/IV/2022 tanggal 21 April 2022, tentang undangan keikutsertaan kegiatan Festival Olahraga Tradisional tingkat nasional tahun 2022, Provinsi Sumatera Barat mengirimkan dua perwakilan.

Selain SMAN 2 Lintau Buo, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi juga mengirimkan peserta dari SMA 2 Bukittinggi yang diikuti sebanyak 18 orang.


Silek Lintau terkenal memiliki gerakan yang cukup taktis melumpuhkan lawan dari setiap langkahnya.

Silek Lintau diturunkan secara turun tamurun dari generasi ke generasi untuk menjaga kelestarian silek lintau. Silek Lintau dikenal dengan bela diri yang disegani dari daerah Lintau. Silek Lintau memiliki gerakan utama silek dan mambedakannyo adolah khas yang diciptakan oleh masyarakaik Lintau itu sendiri. (Rel/bd) 


×
Kaba Nan Baru Update