Notification

×

Iklan

Iklan

Lestarikan Kearifan Lokal, Festival Danau Singkarak "Pesona Sumpu" Kembali Digelar

14 November 2022 | 21.57 WIB Last Updated 2022-11-25T02:59:22Z


PASBANA, TANAH DATAR - Nagari Sumpur yang berada di tepian Danau Singkarak Kabupaten Tanah Datar adalah nagari yang mempesona. Tak hanya itu, Sumpur juga kaya dengan kelezatan kulinernya seperti Bilih, Pangek Sumpu, Singgang, Rendang serta buah Sawonya yang manis. 

Dengan banyaknya potensi yang dimiliki Nagari Sumpur yang sangat menunjang pariwisata Sumatera Barat secara umum, untuk memperkenalkan potensi tersebut diadakan Festival Danau Singkarak dengan tema "Pesona Sumpu"  dari tanggal 12-13 November 2022.

Festival Danau Singkarak "Pesona Sumpu"  dibuka langsung Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, yang dipusatkan di halaman rumah gadang Kampung Minangkabau, Jorong Nagari, Nagari Sumpur kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar. 

Wabup Richi juga sampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah mengelenggarakan kegiatan ini dalam mendukung destinasi pariwisata di kabupataen Tanah Datar.  

"Alhamdulillah berkat kerjasama semua pihak khususnya Pokdarwis, telah menjadikan nagari Sumpur kampung minang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) pada tahun 2021 dan telah dinobatkan oleh gubernur sebagai Desa Agrowisata tahun 2022,"  kata Wabup. 




Sumpur juga kaya dengan kelezatan kulinernya seperti Bilih, Pangek Sumpu, Singgang, Rendang dan buah Sawo yang rasanya manis. 

Melalui Festival Danau Singkarak 2022 diharapkan dapat mempererat silaturahmi, melestarikan seni budaya, mempromosikan potensi wisata budaya, kuliner dan alamnya serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Nagari Sumpur.

Nagari Sumpur juga terpilih sebagai destinasi awal pelaksanaan kegiatan Islamic Tourizone yang akan diawali dari kampung minang nagari Sumpur . 

Festival Danau Singkarak "Pesona Sumpu" diadakan selama 2 hari, dengan berbagai kegiatan lomba di antaranya lomba seni dan budaya anak nagari, pacu biduak tiri, manjalo di ate biduak, lomba fotografi, kuliner dan penampilan basilek dalam aia.

Festival Danau Singkarak sudah digelar sejak tahun 2017, namun terhenti saat pandemi covid. Dan pada tahun ini, Festival dimeriahkan juga dengan lomba tahfiz dan arak-arakan Bundo Kanduang Nagari Sumpur yang menjunjung talam. Ragam kegiatan kearifan lokal yang mendorong kita untuk makin tahu Indonesia. 
(Rel/pkp/bd) 
×
Kaba Nan Baru Update