Notification

×

Iklan

Iklan

Obati Rindu, KKTD Adakan Perhelatan di Jakarta

14 November 2022 | 15.23 WIB Last Updated 2022-11-14T08:23:30Z
 


PASBANA, TANAH DATAR  Sebanyak 55 dari 75 orang walinagari di Kabupaten Tanah Datar, Ahad (13/11), berkumpul di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta. Mereka hadir mengobati rindu para perantau terhadap kampung halaman, dan sebaliknya. 

Bukan hanya walinagari, dari kampung halaman juga hadir Bupati Eka Putra, Wakil Bupati Richi Aprian, Ketua DPRD H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Wakil Bupati periode 2016-2021 dan bupati sisa masa jabatan 2020-2021 H. Zuldafri Darma, dan lain.
 
Sedangkan tokoh perantau, terlihat Ibu Hj. Mufida Jusuf Kalla, Wakil Menteri Tenaga Kerja Afriansyah Noor, Ketua Indojolito Peduli Astri Asgani, Dewan Pembina KKTD-LNT Jabodetabek H. Nasrul Liza, dan lain-lain.
 
Hadir juga ketua umum PKDP, Ketua Perantau Kabupaten Solok, ketua Perantau Kota Solok, Sekjen IK Pabasko, ketua IKSJ, ketua IKTD Bengkulu, ketua Perantau Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ketua Bundo Kanduang Bakor Minang, ketua IKTD dan KKTD Bakor Minang se-Jabodetabek, dan undangan lainnya.
 
Agaknya, inilah perhelatan silaturahim terbesar dan terlengkap yang dilaksanakan Kerukunan Keluarga Tanah Datar Luak Nan Tuo (KKTD-LNT) Jabodetabek, pasca pandemi Covid-19. Perhelatan besar ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Milad ke-55 KKTD Jabodetabek.
 
“Ini merupakan bentuk kebanggaan dan penghormatan kami, sekaligus mengobati rindu kepada perantau. Seperti janjian, di acara milad KKTD-LT Jabodetabek yang ke-55 tahun juga dihadiri sebanyak 55 orang walinagari," ujar bupati.
 
Bupati pun menyampaikan permohonan doa dan dukungan dari para perantau, agar program pembangunan di kampung halaman dapat berjalan dengan baik, sehingga dapat memajukan Tanah Datar dan mensejahterakan anak nagari.
 
Sambutan dan pernyataan dukungan untuk turut membantu memajukan kampung halaman, disampaikan Afriansyah. Dia menyebut, akan membawa dan menyalurkan program Kementerian Tenaga Kerja yang relevan, untuk mendukung pembangunan di Tanah Datar.
 
Ketua KKTD H. Yuherman menjelaskan, pihaknya sangat bersyukur karena setelah empat tahun tidak mengadakan pertemuan, kali ini terselenggara dengan baik. Organisasi ini, jelasnya, menjadi tempat berhimpun bagi seluruh perwakilan dari Ikatan Keluarga Kenagarian se-Tanah Datar, yang di dalam kepengurusannya diisi oleh perwakilan dari Ikatan Keluarga Nagari se Jabodetabek.
 
"Artinya silaturahmi dan milad ke 55 KKTD-LNT Jabodetabek ini juga merupakan milad bagi seluruh IK Nagari se-Jabodetabek," ujarnya, sebagaimana dirilis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Tanah Datar.
 
Ketua Panitia Pelaksana H. Osri, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini.
 
Pada acara milad kali ini, katanya, juga dilakukan pengukuhan ketua dan pengurus inti KKTD LNT Jabodetabek oleh Dewan Pembina KKTD H. Nasrul Liza.
 
Tidak itu saja, pihak panitia juga mengadakan seminar loka karya tentang hak ulayat yang perdana dilakukan untuk pembangunan Tanah Datar ke depan dan prospek pengembangan ekonomi berbasis hak ulayat di Tanah Datar, dengan pemateri Azmi Dt. Bagindo dan H. Syaiful Zein.
 
Penampilan fashion show batik minang kreasi karya designer Riza Rozana dan acara ditutup dengan permainan dendang berhadiah atau yang biasa dikenal dengan permainan KIM. (REL)
×
Kaba Nan Baru Update