Notification

×

Iklan

Iklan

Dapat Penghargaan Lagi, DPMPTSP Dan Disdukcapil Kota Payakumbuh Ukir Prestasi Tingkat Nasional, Kategori Pelayanan Prima

07 Desember 2022 | 13.49 WIB Last Updated 2022-12-07T06:49:53Z



Payakumbuh,pasbana  --- Dua unit penyelenggara pelayanan publik Kota Payakumbuh mendapatkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan kategori Pelayanan Prima dari hasil pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik (PEPPP) tahun 2022 di ruang lingkup kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Republik Indonesia.

Penghargaan itu diumumkan oleh Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas dalam acara Pengumuman Hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik Tahun 2022 yang digelar secara Virtual, Selasa (6/12).

Dua organisasi perangkat daerah Kota Payakumbuh dengan lokus evaluasi oleh pemerintah pusat itu adalah Dinas Kepandudikan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Wali Kota Rida Ananda mengatakan penghargaan untuk kategori pelayanan prima bagi Kota Payakumbuh adalah suatu bentuk apresiasi tertinggi dari pemerintah pusat, untuk meraihnya tak mudah, banyak yang dibenahi untuk mewujudkannya.

"Alhamdulillah, kita patut bersyukur atas hasil dari pekerjaan yang baik ini, karena tak banyak DPMPTSP yang berhasil meraih predikat seperti ini," kata Rida didampingi Sekda Dafrul Pasi.

Rida menambahkan, dalam memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat, tak cukup hanya dengan menyediakan sarana dan prasarana yang representatif saja, namun diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan kompetitif.

"Kita sudah punya Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Payakumbuh di lantai 1 Balai Kota, apa saja urusan cepat asalkan syarat-syaratnya lengkap, tidak menunggu lama," jelasnya.

Rida menegaskan dan meminta kepada masyarakat untuk tidak berurusan melalui calo dan sejenisnya terkait perizinan, karena layanan yang diberikan Pemko Payakumbuh sangat mudah dan tidak bertele-tele.

"Kalau ada kesulitan bisa menghubungi kepala dinas atau bahkan ke saya langsung juga boleh, terutama terkait perizinan dan investasi. Semoga dengan perizinan dan pelayanan yang mudah akan menjadikan Payakumbuh sebagai salah satu daerah tujuan investasi," tegas Rida.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kota Payakumbuh Meizon mengatakan bagi DPMPTSP ini adalah kali ke 2 menerima penghargaan serupa setelah meraih penghargaan yang sama pada 2021 lalu.

"Kita akan tetap pertahankan prediket ini dan akan terus meningkatkan mutu pelayanan publik. Apalagi saat ini Kota Payakumbuh telah siap dengan berbagai investasi yang datang," tukuknya.

Sedangkan, Kepala Disdukcapil Kota Payakumbuh Wal Asri mengatakan penghargaan ini membuktikan komitmen dinasnya untuk berkinerja baik dan prima dalam memberikan pelayanan publik untuk urusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil bagi masyarakat di Kota Randang.

"Kita punya banyak inovasi pelayanan. Salahsatunya bekerja sama dengan instansi vertikal seperti Kantor Kemenag untuk layanan Sini Kakek Seleb, Selesai Nikah Kartu Keluarga Selesai Dibuat. Program ini menjadi primadona masyarakat, karena mereka yang menikah di Payakumbuh, KK dan KTP barunya diserahkan setelah ijab qabul dilaksanakan bersamaan dengan penyerahan buku nikahnya," pungkas Wal Asri. (BD)

#lipsuskehumasandiskominfokotapayakumbuh
×
Kaba Nan Baru Update