Notification

×

Iklan

Iklan

Implementasi Link and Match, SMKN 5 Sijunjung Undang Husnal Petra,S.Pd Owner NR Digital Printing jadi Narasumber Workshop Pengembangan PKL

11 Desember 2022 | 06.59 WIB Last Updated 2022-12-10T23:59:41Z

Sijunjung Pasbana.com,- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Sijunjung Mengadakan Workshop Pengembangan Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) bersama Dunia Kerja, Sabtu  (10/12) di Musholla sekolah setempat. 

Kepala SMK Negeri 5 Sijunjung yang diwakili Antonio Reinaldo sebagai  Wakil Kurikulum, yang didampingi Ahdanof, Kaprodi DKV dan Riswandi  guru kejuruan menyampaikan  ucapan terimakasih kepada Owner NR Advertising dan Digital Printing Bapak Husnal Petra, S.Pd sebagai Narasumber dalam kegiatan workshop pengembangan program praktik kerja lapangan (PKL) di SMKN 5 Sijunjung.




Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi link and match antara SMKN 5 Sijunjung dengan  NR Advertising  dan Digital Printing yang sudah berjalan semenjak SMK ini berdiri. 


Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pengetahuan dan informasi mengenai pelaksanaan praktik kerja lapangan kepada seluruh murid kelas XI di SMKN 5 Sijunjung. Bagaimana mempersiapkan diri untuk melaksanakan PKL, apa saja budaya kerja yang harus mereka terapkan di lingkungan PKL, serta hal-hal lain yang nantinya bisa mereka dapatkan selama PKL di Dudika


Husnal Petra,S.Pd  Owner NR Digital Printing, Solok -Sawahlunto dan Sijunjung  sebagai narasumber dalam kegiatan workshop pengembangan program praktik kerja lapangan (PKL) tersebut menyampaikan bahwa PKL juga menjadi agenda wajib bagi siswa/i SMK dalam mengaplikasikan suatu ilmu kejuruan dalam dunia industri/kerja  selama 6 bulan, oleh karena itu  hal yang sangat penting bagi penyelenggaraan pendidikan di SMK Menjalinan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri serta dunia kerja.  

Hal ini dikarenakan tujuan dari  pendidikan di SMK salah satunya adalah siswa dapat bekerja di DUDIKA sesuai kompetensi keahliannya. 

Untuk itu, Husnal Petra berharap lulusan SMK mempunyai kompetetensi  hard skill dan soft skill yang kuat serta mempunyai job competence sertifikat sebagai portofolio agar dapat bersaing di dunia usaha dan dunia industri.




Husnal Petra juga menjelaskan agar PKL berjalan lancar dan memberikan kesan yang terbaik bagi perusahaan, maka lakukanlah berapa tahapan, 

• Persiapan

Akan lebih baik jika segala sesuatu dimulai dengan persiapan. Persiapkan semua yang akan dihadapi saat memasuki masa Praktik Kerja Lapangan seperti menguasai materi jurusan, belajar bersosialisasi dengan sopan dan disiplin.


• Berinisiatif

Jangan beranggapan bahwa orang lain akan menghampiri Kalian dengan sukarela untuk mengajarkan. Akan tetapi, Kalian lah yang harus berinisiatif untuk bertanya dan juga mempelajari jika ada kesulitan.


• Membangun Link

Yang dimaksud membangun link ialah menambah relasi Kalian. Hal ini merupakan kesempatan untuk Kalian, supaya berkenalan dengan orang – orang dan mendapatkan banyak relasi.


• Find The Point ( Survey Lokasi Magang)

Berusahalah untuk menemukan dinamika perusahaan yang Kalian tempati. Maksudnya, kenali pola dan budaya di perusahaan tersebut. Karena, hal itu akan membantuk Kalian saat melaksanakan PKL.


• Ketepatan Waktu

Hari pertama jadi impresi awal kamu di mata perusahaan, jadi pastikan kamu memberi kesan yang baik. Kamu harus datang tepat waktu saat hari pertama dan seterusnya, kalau bisa datang lebih awal untuk menghindari kemungkinan macet dan masalah lain di jalan. Begitu juga saat jam pulang, pulanglah tepat waktu jangan pulang lebih awal. Pastikan semua pekerjaan beres terlebih dulu, jangan lupa pamit dengan sopan.


• Jaga Sikap

Menjaga hal ini sangatlah penting. Karena sikap dan perilaku yang akan menentukan sikap orang lain ke kita. Beretikalah selayaknya pelajar. Jangan sampai karena perlakuan kita yang kurang sopan membuat orang – orang di tempat magang jadi terganggu. Hal ini akan berpengaruh pula pada hubungan sekolah dan perusahaan tersebut.


• Key of Succes
Semua yang dilakukan tanpa diiringi dengan doa sama saja dengan sombong. Maka dari itu, segala kegiatan harus diawali dengan doa. Ini kunci keberhasilan Kalian." pesannya di akhir acara.

"Jadi, dasar-dasar itulah yang membuat masa PKL kalian berjalan dengan baik."tutupnya 

Kegiatan ini diikuti oleh bapak/ibu guru dan murid kelas XI SMKN 5 Sijunjung.(Nal)
×
Kaba Nan Baru Update