Notification

×

Iklan

Iklan

Ayam Suwir Sebelah Kesukaan Anak UNAND

29 April 2023 | 17.41 WIB Last Updated 2023-04-29T10:45:11Z
Logo AYAM SUWIR SEBELAH (Sumber: Instagram ayamsuwirsebelah.pdg)



Oleh Indah Mardhiyah
Civitas Academica Fakultas Peternakan Universitas Andalas

PASBANA - Indonesia memiliki kekayaan kuliner khas yang tersebar luas di setiap daerah. Kuliner tersebut dijadikan peluang bisnis baru di berbagai olahan yang terbuat dari bahan dasar ayam. 

Daging ayam merupakan salah satu bahan masakan kegemaran masyarakat di Indonesia. Seperti ayam bakar, ayam geprek, ayam suwir, dan olahan ayam lainnya.

Rata-rata Mahasiswa UNAND banyak menggemari olahan ayam suwir, termasuk bisnis kuliner AYAM SUWIR SEBELAH. Dengan kemasan yang menarik, banyak pilihan rasa sambal dan harga yang sesuai di kantong Mahasiswa. 

Maka mereka tertarik untuk membeli. Karena banyaknya peminat AYAM SUWIR SEBELAH dari Mahasiswa UNAND, sehingga membuat Mahasiswa dari Universitas lain dan masyarakat sekitar berminat untuk mencoba AYAM SUWIR SEBELAH ini. 

Cita rasa dari AYAM SUWIR SEBELAH yang cocok di lidah, membuat Mahasiswa dari universitas lain dan masyarakat sekitar menjadi pelanggan tetap.

Owner AYAM SUWIR SEBELAH mempunyai cerita tentang bisnis AYAM SUWIR SEBELAH ini.

Bisnis AYAM SUWIR SEBELAH ini sudah berdiri dari bulan September 2022 hingga sekarang. Sebelum memulai bisnis AYAM SUWIR SEBELAH ini, Fajar Putra Utama atau biasa di panggil bang Fajar, sudah lebih dulu menjadi owner pada bisnis olahan ayam juga bersama temannya. Tetapi karena satu dan lain hal, Bang Fajar memilih membuka cabang olahan ayam baru yang sekarang kita kenal dengan AYAM SUWIR SEBELAH, yang di dirikan oleh dirinya sendiri. Tetapi tidak mudah bagi bang Fajar membuka cabang baru, 

“Ada beberapa kendala saat saya memulai bisnis ini karna dari segi tempat yang kurang strategis dan tempatnya yang berada di jalur lintas cepat, jika bahan baku harganya naik sulit sekali mendapat keuntungan," ucap bang Fajar. 

Namun beberapa kendala tersebut tidak menghalangi bang Fajar untuk berbisnis AYAM SUWIR SEBELAH. Dan terbukti AYAM SUWIR SEBELAH banyak digemari oleh kalangan Mahasiswa dan Masyakarat.

AYAM SUWIR SEBELAH ini terletak di Simpang Pasia Pasar Baru UNAND. AYAM SUWIR SEBELAH mulai buka pada pukul 10.00 pagi dan tutup pukul 10.00 malam. 

“Biasanya mulai ramai orang datang waktu jam makan siang sampai malam," imbuh bang Fajar. 

Menu yang paling best seller di tempat makan itu adalah ayam suwirnya. Namun menu lainnya juga tidak kalah di gemari oleh pelanggan, yaitu pecel ayam dan mie ayam suwir. Berikut foto menunya:

Menu dari AYAM SUWIR SEBELAH (Sumber: Instagram ayamsuwirsebelah.pdg)


AYAM SUWIR SEBELAH memiliki 3 pilihan rasa sambal yang berbeda, “di tempat saya ini pelanggan bisa memilih salah satu antara tiga varian sambal, sesuai selera masing-masing, dan tidak ada biaya tambahan, " ucap bang Fajar

Selain makanan yang enak, ada kemasan untuk take away yang menarik bagi pelanggan, bang Fajar memiliki ide untuk memberi motivasi kepada  semua kemasannya. Bisa dilihat pada foto di bawah ini: 


(Sumber: Instagram ayamsuwirsebelah.pdg)



Harga AYAM SUWIR SEBELAH di jual dengan harga mulai dari Rp.15.000 s/d Rp.19.000. Dengan harga yang telah ditetapkan tidak membuat pelanggan merasa rugi karena ia memiliki porsi yang cukup banyak untuk pelanggannya. (*) 
×
Kaba Nan Baru Update